29 December 2020, 11:49 WIB

Spesies Tumbuhan Baru Ditemukan di Hawaii


Bagus Pradana |

Spesies tanaman baru telah ditemukan di belantara hutan hujan Hawaii oleh para botanis yang menjelajahi lereng curam Helu di bagian barat kawasan Maui, Hawaii

Vegetasi yang kemudian dinamai Cyanea Heluensis ini, diduga merupakan satu-satunya dari jenisnya yang masih tersisa hingga hari ini. 

Beberapa ahli botani awalnya menduga jika spesies tanaman ini mirip dengan tanaman asli di pulau Hawaii yang dikenal sebagai hāhā. Hal mendasar yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah 'bunga putih panjang melengkung' yang oleh beberapa orang sering disamakan dengan kentang goreng mentah.

Cyanea Heluensis pertama kali ditemukan oleh ahli botani Hank Oppenheimer dan rekannya, Jennifer Higas. Mereka menemukannya saat sedang dalam misi survei vegetasi. Tidak sengaja mereka melihat tanaman tersebut tumbuh tersembunyi di bawah rindangnya hutan. 

Beberapa surveyor lain yang menjelajahi hutan dengan harapan untuk menemukan lebih banyak tanaman tersebut di habitat aslinya, belum bisa menemukan untuk yang kedua kalinya -dan kini para ahli botani sedang bekerja keras untuk melindungi spesies tanaman 'baru' tersebut melalui berbagai usaha pembibitan dan konservasi.

Matthew Keir, ahli botani dari Department of Land and Natural Resources (DLNR) Hawaii mengungkapkan, "Lusinan tanaman asli seperti ini sekarang berusaha untuk dibiarkan hidup dalam fasilitas pembibitan," seperti dilansir dari DailyMail.com, Senin (28/12).

"Hanya bencana alam, seperti badai, yang menghantam pembibitan, yang bisa menyebabkan kepunahan dari tanaman-tanaman langka ini," sambungnya.

Cyanea heluensis kini ditambahkan ke daftar 250 spesies yang dikelola oleh Program Pencegahan Kepunahan Tanaman (Plant Extinction Prevention Program/PEPP) Universitas Hawaii sebagai bentuk upaya konservasi lanjutannya. (M-2) 

BERITA TERKAIT