04 December 2020, 11:30 WIB

Apapun Bahasanya, Lagu Nina Bobo Bikin Bayi Rileks


MI Weekend | Weekend

BAYI anda tetap rewel meski telah kenyang dan popoknya bersih? Jika demikian ada baiknya anda menyanyikan lagu nina bobo untuknya. 

Penelitian Harvard Music Lab menunjukkan jika lagu pengantar tidur efektif membuat bayi tenang. Dilansir dari The Harvard Gazette pada Senin (19/10), hasil penelitian itu telah diterbitkan di jurnal Nature Human Behaviour, edisi 19 Oktober.

Peneliti Kepala Harvard Music Lab dan peneliti di Departemen of Psychology Harvard, Samuel Mehr, mengungkapkan jika mereka mengkaji penyebab sesungguhnya bayi menjadi tenang saat dinyanyikan lagu pengantar tidur. Apakah itu hanya respon dari rasa nyaman akan suara bernyanyi orang tua mereka ataukah memang ada sesuatu dalam lagu pengantar tidur tersebut?

Peneliti melakukan percobaan pada tahun 2018 dan 2019 kepada sejumlah bayi. Mereka mengukur respon bayi dengan memfokuskan pada pelebaran pupil, perubahan detak jantung, aktivitas elektrodermal (ukuran kegembiraan dari hambatan listrik pada kulit), frekuensi berkedip, dan arah tatapan sebagai indikator relaksasi. Umumunya, bayi mengalami penurunan detak jantung dan pelebaran pupil, serta penurunan aktivitas elektrodermal sebagai respons terhadap lagu pengantar tidur, bahkan dalam bahasa asing sekalipun.

Hasil penelitian menunjukkan jika bayi merespons berbagai elemen yang ada di dalam lagu, baik melodi ataupun kata-kata. Bahkan lagu dalam bahasa yang asing sekalipun bisa membuat bayi rileks. 

"Walaupun music secara umum dapat membuat rileks, ada sesuatu dalam lagu pengantar tidur yang membuat lebih rileks. Jadi secara teori ada cara untuk mengoptimalkan musik yang kita berikan kepada bayi, untuk membuat dampaknya lebih efektif," jelas Connie Bainbridge yang merupakan salah satu pemimpin penelitian tersebut. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)

BERITA TERKAIT