03 December 2020, 12:00 WIB

Taman Kuno ini Disulap jadi Arena Pameran Seni Instalasi Cahaya


Miweekend | Weekend

BAGI para wisatawan yang mungkin tak sabar ingin berlibur lagi setelah pandemi Covid-19, taman kuno di Jepang ini mungkin bisa menjadi referensi. Taman Kairakuen, terletak di Prefektur Ibaraki ini kini disulap menjadi pameran seni ruang terbuka kaleidoskopik atau instalasi cahaya dari optik.

Dilansir dari Lonely Planet, Rabu (02/12), pameran ini akan berlangsung 13 Februari hingga 21 Maret 2021. Akan menampilkan 3000 pohon plum blossom yang disulap menjadi karya seni yang hidup berkat bantuan teknologi .

Pameran ini merupakan bagian dari Digitalized Nature Project teamLab. Event ini sekaligus mengajak para wisatawan menghadiri Festival Mitu Ume (plum) yang berusia 120 tahun. Konsep dari proyek ini menunjukan bahwa teknologi digital-non material dapat mengubah alam menjadi medium seni tanpa merusaknya.

Dilansir dari laman web teamLab, Taman Kairakuen merupakan taman yang dibuat pada akhir Zaman Edo pada 1842. Taman ini dianggap sebagai salah satu dari tiga taman besar di Jepang, bersama Taman Kenrokuen di Kanazawa serta Taman Korakuen di Okayama. Taman Kairakuen merupakan rumah bagi 100 varietas dari 3000 pohon plum yang terkenal dengan bunga prem, serta mekar dalam jangka waktu yang lebih lama berkat koleksi varietas beragam.

Para wisatawan akan dibuat terpukau karena melihat proyeksi digital yang berada di pepohonan, bebatuan, dan lanskap serta semuanya bergerak dan berubah setiap kali ada pengunjung datang. Pameran ini nantinya juga akan memudahkan penerapan protokol kesehatan Covid-19 karena konsepnya yang berada di luar ruangan. (Yulia Kendriya/M-4)

BERITA TERKAIT