02 December 2020, 20:55 WIB

Ini Deretan Musik Paling Banyak Diputar di Spotify 2020


Deden Muhammad Rojani | Weekend

SPOTIFY baru saja merilis sejumlah artis, lagu, album ataupun Podcast yang paling banyak diputar pada tahun 2020. Berdasarkan data yang dirilis Spotify, Drake, Bad Bunny, Dua Lipa, dan The Weeknd adalah kategori artis yang paling banyak diputar di tahun 2020.

Dilansir dari BBC, Bad Bunny yang menjadi artis yang musiknya paling banyak dimainkan secara global. Ia mengumpulkan streaming sebanyak 8,3 miliar. Di tempat kedua adalah Drake yang sekaligus menempati streaming nomor satu untuk wilayah Inggris Raya. Musisi asal Kanada ini merebut kembali posisi nomor satu di Inggris dari Ed Sheeran.  


Di kategori lagu, Blinding Lights dari The Weeknd adalah lagu yang paling banyak diputar di Inggris maupun secara global. Kemudian, di kategori album, lagi-lagi Bad Bunny menjadi jawara dengan YHLQMDLG yang mencapai 3,3 miliar streaming. Di Inggris, Divinely Uninspired to a Hellish Extent dari Lewis Capaldi menjadi album teratas. 

Kembali di kategori album global, posisi kedua adalah milik After Hours dari The Weeknd, kemudian album Post Malone, Hollywood's Bleeding. Album Fine Line milik Harry Styles dan album Future Nostalgia dari Dua Lipa masing-masing menempati posisi keempat dan kelima.
 
Spotify mengatakan, selama pandemi Covid-19, genre paling populer pada tahun 2020 adalah musik pop yang mencerminkan peningkatan musik yang lebih bahagia dan tempo tinggi.
 
Untuk kategori Podcast, Podcaster Joe Rogan, yang menandatangani kesepakatan eksklusif dengan Spotify awal tahun ini, merupakan layanan podcast yang paling banyak didengarkan.  Acara populer lainnya termasuk Rosie dan Chris Ramsey Sh ** ged Married Annoyed, dan News Briefing harian The Times.

Sementara di podcast Apple, acara paling populer tahun 2020 adalah Desert Island Discs BBC Radio 4, dengan podcast Grounded Louis Theroux , juga produksi Radio 4 merupakan pendatang baru yang paling banyak didengarkan. Saingan streaming musik Spotify itu akan merilis statistik akhir tahun ini;  dan Official Charts akan mengungkap lagu-lagu terbesar Inggris Raya tahun 2020. (M-1)

BERITA TERKAIT