02 December 2020, 19:35 WIB

Tetap Gunakan Masker Jika Berada di Ruangan Berventilasi Buruk


Adiyanto | Weekend

JIKA Anda berada di ruangan bersama orang lain, seperti di toko, kantor, atau pun ruang kelas yang berventilasi buruk, sebaiknya tetap mengenakan masker. Demikian rekomendasi terbaru yang disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait pedoman penggunaan masker guna mencegah penularan virus covid-19.

Rekomendasi baru ini terutama berlaku di daerah yang diketahui atau diduga merupakan kluster atau komunitas penularan virus.

"WHO menyarankan masyarakat umum harus memakai masker non-medis di dalam ruangan (misalnya toko, tempat kerja, atau pun sekolah).  Masker juga harus tetap dipakai di luar ruangan jika pengaturan jaga jarak tidak dapat dilakukan," kata pedoman baru tersebut, seperti dikutip AFP, Rabu (2/12).

"Jika di dalam ruangan, kecuali jika ventilasi telah dinilai memadai, WHO menyarankan masyarakat umum harus memakai masker non-medis, terlepas dari apakah jarak fisik setidaknya satu meter dapat dipertahankan."

Badan kesehatan PBB itu juga mendesak orang-orang untuk tidak memakai masker selama aktivitas fisik yang berat.

Dalam pembaruan keempat tentang panduan masker selama pandemi, yang terakhir pada Agustus, WHO menyerukan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, terutama di daerah yang rentan penularan, seperti rumah sakit.

Dalam kasus seperti itu, WHO merekomendasikan penggunaan masker oleh pasien rawat inap ketika jarak fisik setidaknya satu meter tidak dapat dipertahankan atau ketika pasien berada di luar area perawatan mereka.

Secara lebih umum, WHO terus menyarankan siapa pun yang diduga menderita covid-19 atau menunggu hasil tes untuk memakai masker medis saat berada di sekitar orang lain. (M-4)

BERITA TERKAIT