01 December 2020, 12:28 WIB

Mengenal Para Aktivis Peraih Goldman Environmental Prize 2020


Putri Rosmalia | Weekend

PENGHARGAAN Goldman Environmental Prize diberikan pada para pejuang lingkungan dari berbagai negara di dunia. Tahun ini, enam orang terpilih sebagai penerima penghargaan yang dianggap sebagai nobel di bidang lingkungan tersebut.

Mereka adalah Kristal Ambrose dari Bahamas, Chibeze Ezekiel dari Ghana, Nemonte Nenquimo dari Ekuador, Leydy Pech dari Meksiko, Lucie Pinson dari Prancis, dan Paul Sein Twa dari Myanmar.

"Keenam peraih penghargaan tahun ini merefleksikan kekuatan individu yang bisa memberikan dampak besar pada sekitarnya di bidang lingkungan," ujar Presiden Goldman Environmental Foundation, John Goldman, seperti dilansir dari goldmanprize.org, Selasa, (1/12).

Berikut adalah profil keenam peraih Goldman Environmental Prize 2020.

1. Kristal Ambrose

Kristal Ambrose menginisiasi kalangan muda di Bahama untuk menciptakan wisata yang berwawasan lingkungan dan minim plastik. Gerakan tersebut membuat pemerintah Bahama akhirnya mengeluarkan aturan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai di seluruh wilayahnya.

 

2. Chibeze Ezekiel

Pemuda ini memimpin gerakan perlawanan pada upaya pemerintah dan korporasi setempat yang ingin membangun pembangkit listrik berbahan bakar batu bara. Gerakan itu berhasil membatalkan rencana pembuatan pembangkit listrik batu bara di Ghana. Advokasi yang dilakukan Chibeze juga membuat peta jalan pembangunan pembangkit listrik di negara itu berubah dan menjadi lebih ramah lingkungan.

 

3. Nemonte Nenquimo

Ia berhasil melakukan perlawanan secara hukum terhadap pemerintah ekuador. Upayanya itu berhasil menyelamatkan sekitar 202 ribu hektare hutan adat dari eksplorasi perkebunan dan tambang.

 

4. Leydy Pech

Pemerintah Meksiko berencana menggusur lahan tempat masyarakat adat beternak lebah untuk dijadikan lahan perkebunan kedelai hasil modifikasi. Namun, upaya itu digagalkan Leydy dkk dan lahan serta kebun yang dikelola secara tradisional bisa diselamatkan.

 

5. Lucie Pinson

Lucie berhasil mendorong berbagai perusahaan asuransi dan bank di Prancis untuk menghentikan mereka  berinvestasi pada perusahaan pengolah batu bara. Berkat upaya serius dan komitmen dalam menyuarakannya, saat ini Lucie telah berhasil membuat setidaknya 17 perusahaan asuransi dan 22 bank global menghentikan invetasinya di tambang batu bara

 

6. Paul Sein Twa

Lelaki berusia 47 tahun ini berhasil melakukan upaya konservasi ekosistem hutan seluas 546 ribu hektare di sekitar aliran sungai Salween di Myanmar yang sebelumnya merupakan wilayah konflik.

BERITA TERKAIT