27 November 2020, 16:23 WIB

Rutin Naik Turun Tangga Baik untuk Kesehatan Psikis


MI Weekend | Weekend

PENELITIAN dari Karlsruhe Institute of Technology (KIT) serta Central Institute of Mental Health (CIMH) di Jerman menemukan bahwa aktivitas fisik sehari-hari dapat membuat seseorang bahagia dan penting untuk menjaga kesehatan psikis.

Dilansir dari Medical Xpress pada Rabu (25/11), para peneliti mempelajari bagian otak yang memiliki peran sentral dalam proses tersebut. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Science Advances mengungkapkan bahwa dengan naik turun tangga setiap hari secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan psikis, khususnya bagi orang yang rentan dengan gangguan kejiwaan.

“Menaiki tangga setiap hari dapat membantu kita merasa terjaga dan penuh energi. Ini meningkatkan kesejahteraan,” ujar penulis utama Dr. Markus Reichert, yang melakukan penelitian di CIMH dan KIT serta Dr. Urs Braun, Kepala Kelompok Penelitian Sistem Kompleks dari Klinik Psikiatri dan Psikoterapi CIMH

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ambulant (pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain) dengan sensor pergerakannya serta survei smartphone mengenai kesehatan yang dipicu oleh data geolokasi. Sebanyak 67 orang menjadi sasaran penilaian ambulant untuk menentukan dampak aktivitas sehari-hari terhadap kewaspadaan selama tujuh hari. 

Diketahui bahwa orang-orang merasa lebih bersemangat dan berenergi setelah beraktivitas. Kewaspadaan dan energi terbukti menjadi komponen penting dari kesejahteraan dan kesehatan psikis.

Temuan penelitian ini memiliki relevansi khusus dalam situasi pandemi covid-19 yang saat ini sedang terjadi serta musim dingin yang akan datang.

Di masa mendatang, temuan penelitian ini dapat digunakan dalam aplikasi smartphone yang akan memotivasi pengguna untuk aktif meningkatkan kesejahteraan mereka jika terjadi penurunan energi. Dr. Urs Braun mengatakan bahwa masih harus dipelajari apakah aktivitas sehari-hari dapat mengubah kesejahteraan serta volume otak, dan bagaimana hasil ini dapat membantu mencegah dan mengobati gangguan kejiwaan. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)

BERITA TERKAIT