27 November 2020, 11:33 WIB

Mungkinkah Pesawat Jet Tanpa Emisi? Begini Kata Para Ahli


Putri Rosmalia | Weekend

PERDANA Menteri Inggris, Boris Johnson beberapa waktu terakhir menyuarakan soal rencananya menciptakan pesawat jet nol emisi bagi pesawat komersial. Namun, para pakar menilai rencana tersebut hanya akan angan-angan.

Chief executive Air Transport Economics consultancy dan mantan staf International Civil Aviation Organization, United Nation, Chris Lyle, mengatakan rencana tersebut sejauh ini masih sangat sulit diwujudkan. Pemanfaatan teknologi termutakhir yang ada saat ini belum bisa menghilangkan dampak dan sumbangan besar emisi karbon dari industri penerbangan.

"Target pesawat komersial non emisi pada 2025 itu hanya angan-angan," ujar Chris Lyle, seperti dilansir theguardian.com, Kamis, (26/11).

Ia mengatakan penerbangan seperti itu tidak mungkin tercipta. Pesawat hanya bisa tidak menyumbang emisi bila digunakan sebatas satu kali pemakaian.

Teknologi jet nol emisi merupakan bagian dari 10 rencana kerja Boris Johnson yang bertema Green Industrial Revolution. Program itu baru saja dirilis pada awal November lalu. Program itu direncanakan mulai dijalankan pada awal 2021 mendatang. (M-4)

BERITA TERKAIT