26 November 2020, 23:38 WIB

Kacak Kicak Puppet Theater Rayakan Hari Dongeng


Galih Agus Saputra | Weekend

Memperingati Hari Dongeng Nasional yang jatuh pada Sabtu, (28/11), Kelompok teater asal Bali, Kacak Kicak Puppet Theater 
akan menampilkan pertunjukan boneka dengan lakon Wayan Brayut Mlayangan. Pertunjukan itu sedianya akan disiarkan melalui laman dan kanal Youtube Indonesia Kaya.

Wayan Brayut Mlayangan sendiri nantinya akan bercerita kisah kakak-beradik yang gemar bermain layangan di sawah. Akan tetapi, layangan yang dimaksud dalam pertunjukan bukanlah layangan biasa, melainkan Janggan atau layangan yang menjadi ikon masyarakat Bali.

Pertunjukan yang dijalankan Kacak Kicak Puppet Theater dikemas dengan konsep cine-theater dan dimulai pukul 15.00 WIB. Selama pertunjukan mereka akan menggunakan boneka dan wayang bayangan yang ditampilkan melalui kelir dengan sorotan lampu LED. 

Sutradara Wayan Brayut Mlayangan, Topan Dieky Saputra mengatakan pertunjukan yang ditampilkan kali ini, merupakan salah satu upaya kelompoknya untuk mengangkat kembali dongeng tradisional Bali. 

"Kami melihat saat ini dongeng dan dunia anak-anak merupakan dunia yang jauh. Semoga, walaupun pertunjukan dinikmati secara virtual, nantinya tetap dapat menghibur serta diterima baik oleh para penikmat seni di rumah,” ujarnya, dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Kamis, (26/11).

Kacak Kicak Puppet Theatre sendiri selama ini dikenal sebagai kelompok seni yang turut dibimbing Garin Nugroho dalam program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia. Adapun pementasannya menjadi salah satu bagian dari seri Pentas Daring Ruang Kreatif, sementara target audiens mereka yang utama adalah anak-anak dan keluarga. (RO/M-2) 

BERITA TERKAIT