23 November 2020, 18:30 WIB

Happy Old Year Wakili Thailand di Ajang Piala Oscar


Fathurrozak | Weekend

FILM garapan sutradara Nawapol Thamrongrattanarit Happy Old Year menjadi perwakilan Thailand dalam kategori Best International Feature Film Academy Awards ke-93.

Film yang dibintangi Chutimon Chuengcharoensukying (Aokbab) dan Sunny Suwanmethanont ini berkisah tentang Jean yang pulang dari Swedia ke negaranya Thailand. Ia mendapat tawaran pekerjaan dengan syarat harus punya kantor sendiri.

Dia pun lalu memutuskan rumahnya yang sesak itu dijadikan sebagai kantor. Namun, dalam proses membuang barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi, Jean menemui hambatan. Dia tidak bisa begitu saja membuang semuanya. Jadi, Jean malah memutuskan mengembalikan semua yang pernah dia pinjam dari orang lain - termasuk mantan pacarnya. Ini menjadi proses katarsis dan menyakitkan yang memunculkan kenangan indah, emosi tak terduga, dan wawasan baru.

Sebelumnya, Happy Old Year meraih penghargaan best costume design di ajang Asian Film Awards 2020. Film ini juga tayang di beberapa festival film internasional seperti di International Film Festival Rotterdam 2020, termasuk berkompetisi di Bengaluru International Film Festival 2020 dan Osaka Asian Film Festival 2020.

“Terima kasih kepada Asosiasi Film Nasional Thailand, studio GDH, staf, dan semua pemeran. Saya tahu ini mungkin sulit, tetapi saya tetap senang,” tulis Nawapol lewat akun Instagramnya, mengenai terpilihnya film garapannya menjadi wakil Thailand di Oscar 2021.

Selain menyutradarai, Nawapol juga menulis dan memproduseri film ini. Sebelumnya, beberapa filmnya yang juga punya nilai sentimentil beberapa di antaranya seperti Mary is Happy Mary is Happy (2013) dan Heart Attack (2015). (M-4)

BERITA TERKAIT