22 November 2020, 02:35 WIB

Jero Putu Arnold: Kepincut Keramahan Bali


bAGUS pRADANA | Weekend

BALI memang mudah memikat banyak orang, tidak terkecuali Arnold Aristarkov. Pria asal Rusia ini bahkan mantap mengganti nama menjadi Jero Putu Arnold.

“Saya di Bali sudah belasan tahun, sekitar 16 tahun lah kira-kira. Saya tinggalnya di Jimbaran Bali. Mungkin banyak mengira bahwa saya ini mukanya benar-benar bule, tapi jangan salah, perut saya ini lokal,” kelakar Arnold saat menjadi bintang Kick Andy episode Bule tapi Indonesia, Minggu (22/11).

Kepindahan Arnold ke Bali pada 2006 disebabkan pekerjaan orangtuanya. Arnold mengaku mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan Bali karena kenyamanan suasana dan keramahan warganya. Ia bahkan tidak ingat lagi kapan mulai bisa berbahasa Bali. Baginya, seperti mengalir alami.

Kecintaan pada Bali membuat orangtua Arnold juga mendalami agama Hindu, sementara Arnold mengaku baru beberapa tahun terakhir memeluk agama tersebut.

Setelah memeluk agama Hindu, ia pun mantap untuk mengubah namanya dengan nama Bali, yaitu Jero Putu Arnold. Tidak hanya kepincut dengan keramahan masyarakat, Arnold mengaku sangat kagum dengan penghargaan masyarakat pada budaya dan ritual tradisi.

Serupa dengan David Jephcott, Arnold juga aktif sebagai Youtuber. Melalui kanal Bule Dewata, Arnold kerap mengunggah konten-konten komedi berbahasa Bali yang sangat menghibur.

Tak lupa dalam setiap unggahannya ia kerap menyisipkan beberapa informasi yang berhubungan erat dengan keseharian masyarakat masyarakat Bali. Meski baru dua tahun aktif di Youtube, Arnold telah memiliki 125 ribu subscriber serta telah mengunggah sekitar 158 video.

Arnold mengaku awalnya didorong teman untuk membuat akun Youtube karena mereka melihat kemampuannya dalam menghibur orang. “Walaupun masih bingung mau diisi apa, karena saya suka kuliner makanya saya isi tentang informasi seputar kuliner saja, tetapi ternyata yang suka itu banyak dan kebanyakan responnya positif karena mungkin merasa terhibur mungkin ya, dari situ kemudian lanjut sampai bikin konten prank lucu-lucuan segala,” ungkap Arnold.

Kepada Andy F Noya, Arnold mengaku ingin sekali menjadi warga negara Indonesia karena baginya negara ini telah menjadi rumah keduanya. “Saat ini saya masih warga negara Rusia karena untuk jadi warga negara Indonesia kan persyaratnya lumayan sulit, ya harus nikah dulu atau mungkin jadi timnas,” ujarnya. (Bus/M-1)

BERITA TERKAIT