22 November 2020, 02:20 WIB

Bule Merah Putih


Bagus Pradana | Weekend

NAMA David Andrew Jephcott mungkin asing di telinga, tetapi lain halnya dengan Londo Kampung. Ya, Londo Kampung merupakan nama beken pria yang akrab disapa Dave ini.

Warga negara Australia ini begitu fasih bicara bahasa Indonesia bahkan bahasa Jawa timuran, lengkap dengan logatnya. Lewat kanal Youtube-nya yang juga bernama Londo Kampung, Dave pun memperlihatkan keseharian dengan keluarga kecilnya.

Mereka tinggal di Surabaya, begitu pula kedua orangtua Dave. Kehidupan Dave tampak cukup disukai masyarakat, terlihat dari jumlah subscriber akun Youtubenya yang mencapai 3,75 juta.

Hadir sebagai bintang tamu Kick Andy episode Bule tapi Indonesia yang tayang hari ini, Dave mengungkapkan telah tinggal di Surabaya sejak usia 2 tahun. Itu terjadi setelah orangtuanya mendapat pekerjaan sebagai dosen di Kota Pahlawan itu.

“Saya terbiasa bahasa Jawa karena semua teman saya waktu itu juga berbahasa Jawa,” ujar pria yang kini berusia 33 tahun itu kepada Andy F Noya.

Dave sempat kembali ke Australia pada tahun 2000. Ia menjalani masa remaja hingga berkuliah di Deakin University, Melbourne. Namun, saat itu ia mengaku telah bimbang untuk tetap tinggal di ‘negara Kanguru’ itu.

Akhirnya setelah lulus, Dave mantap kembali ke Indonesia. Terlebih, ia mendapatkan pekerjaan sebagai pengajar bahasa Inggris di salah satu sekolah internasional di Surabaya.

Kehidupan baru di Indonesia membawanya bertemu perempuan yang kelak menjadi jodohnya, Santi Novia. Kini ia dan perempuan asli Surabaya itu telah dikaruniai dua anak, Aragorn Jawa Cillian Jephcott (2 tahun) dan Brielle Joy Jephcott (5 bulan).


Kewarganegaraan

Berbekal kemampuan berbahasa Jawanya yang medok khas ‘Suraboyoan’, Dave kemudian menjadi Youtuber. Tak disangka ternyata banyak warganet yang tertarik dengan konten-konten unggahan pria yang akrab dengan sapaan Cak Dave ini.

Ia cukup rutin mengunggah berbagai macam konten di kanal Youtube-nya, mulai kehidupan sehari-harinya, pengalaman traveling-nya, mencoba kuliner di berbagai daerah, hingga berbagai aksi prank.

“Saya sendiri tidak menyangka ternyata konten-konten saya banyak dimintati oleh orang-orang Indonesia, sampai akhirnya bisa menjadi ladang rezeki juga,” ungkap Dave sembari tertawa.

Ia dan sang istri pun tidak sungkan berbagi kisah pribadi termasuk awal kisah percintaan mereka. Di video lainnya, Dave juga meng ungkapkan awal mula orang tuanya mengenal budaya Indonesia.

Nyatanya sang Ibu telah cukup mahir berbahasa Indonesia sejak usia sekolah dan kemudian menjadi pengajar bahasa Indonesia di sekolah di sana. Sementara sang ayah, baru belajar berbahasa Indonesia setelah tinggal di Indonesia. Jephcott memiliki dua saudara kandung, tetapi hanya ia yang memilih tinggal di Indonesia.

Ketika disinggung perihal kewarganegaraan, Dave mengaku tak menutup kemungkinan untuk berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Indonesia di kemudian hari.

“Kalau terkait kewarganegaraan, memang saya sampai masih berwarga negara Australia, tapi ke depan tidak menutup kemungkinan untuk saya menjadi seorang warga negara Indonesia,” pungkasnya. (M-1)

BERITA TERKAIT