13 May 2022, 18:50 WIB

Studi: Akuarium Bermanfaat Pada Kesehatan


Galih Agus Saputra | Weekend

ORANG yang mengisi waktu luang di rumah dengan menonton akuarium dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan ketenangan yang pada akhirnya dapat berdampak pada kesejahteraan.

Sebab kegiatan itu berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental seseorang.

Sebuah studi yang dikerjakan para ahli Akuarium Laut di Universitas Plymouth dan Universitas Exeter menilai bahwa fisik dan mental seseorang memiliki tingkat tanggapan yang berbeda tergantung jumlah ikan.

Semakin banyak ikan di akuarium maka penurunan tekanan darah dan detak jantung akan semakin signifikan.

Oleh karena itu, jumlah ikan yang banyak dalam akuarium mampu membuat orang semakin fokus pada sebuah perhatian. Mereka juga lebih piawai dalam memperbaiki suasana hatinya.

Baca juga: Ini Daftar Tanaman yang Bisa Hidup di Aquascape

Pelajar sekaligus peneliti, Deborah Cracknell mengatakan bahwa temuan itu sangat penting dalam studi pertama di bidangnya ini.

"Tangki ikan atau pajangan sering dikaitkan dengan upaya menenangkan pasien di ruang operasi dokter dan ruang tunggu gigi.

Studi ini, untuk pertama kalinya, memberikan bukti kuat bahwa 'dosis' paparan pemandangan bawah air sebenarnya dapat memiliki dampak positif pada kesejahteraan manusia," tuturnya, seperti dilansir Sciencedaily.

Adapun studi ini sendiri dilakukan di sebuah wahana akuarium besar berkapasitas 550.000 liter. Jenis ikan di dalamnya sangat beragam tentu tak terhitung jumlahnya.

Baca juga: Atasi Stres dengan Meningkatkan Kualitas Tidur

Tekanan darah orang yang menjadi partisipan penelitian ini berkorelasi dengan jumlah ikan yang ditambahkan secara bertahap.

"Penelitian kami menunjukkan akuarium dan ikan dapat menawarkan sejumlah manfaat yang sebelumnya belum ditemukan.

Dalam masa stres kerja yang lebih tinggi dan kehidupan perkotaan yang padat,  mungkin akuarium bisa masuk dan menjadi oasis ketenangan dan relaksasi," imbuh Sabine Pahl, ahli psikologi yang terlibat penelitian ini. (M-1)

BERITA TERKAIT