28 July 2019, 03:20 WIB

Bento Menyehatkan ala Laila White 


Rizky Noor Alam | Weekend

BERBICARA bento tentunya terbayang makanan nasi dengan lauk-pauk yang dikemas praktis. Biasanya di Jepang, bento merupakan bekal makan siang yang praktis. 

Selain itu, tampilan bento pun biasanya menarik perhatian. Tidak terkecuali set bento ala Four Season Hotel Jakarta ini. Tidak semata tampilannya yang penuh warna dan menggugah selera, bento-nya sangat pas bagi mereka yang memiliki gaya hidup sehat. 

Pilihan hidangannya tidak banyak karena ada 10 bahan makanan ‘superfood’ yang terkandung dalam setiap hidangan bento set tersebut. Tambah lagi hidangan yang disajikan merupakan hasil kolaborasi pihak hotel dengan Laila White. Laila White merupakan seorang ahli dalam hidup sehat, Global Fitness Guru, dan Managing Director dari Elite Fit.

Perempuan asal Singapura itu memilih 10 bahan makanan, yakni avocado (alpukat), ginger (jahe), spinach (bayam), orange (jeruk), sweet potato (ubi), tomato (tomat), broccoli (brokoli), tumeric (kunyit), cilantro (ketumbar), dan buckwheat pasta (pasta soba). Media Indonesia pun beruntung dapat mencicip tiga dari 10 makanan mengandung superfood tersebut.

“Superfood itu makanan yang semuanya terbuat dari bahan segar, berwarna-warni alami, dan tentunya bermanfaat baik bagi tubuh,” jelas Laila kepada Media Indonesia di Four Seasons Hotel Jakarta, Kamis (18/7).

Perempuan berusia 52 tahun itu melihat budaya makan orang-orang modern saat ini kurang baik. Namun, untuk mengubah budaya itu harus diawali dari diri sendiri. 

“Kenapa orang-orang saat ini masih saja tidak sehat? Itu karena makanan cepat saji (fast food) yang semakin mudah ditemukan. Kenapa kita memakan fast food? Karena kita tidak punya waktu lagi (untuk memasak). Padahal, kalau kita tidak punya waktu, kita bisa memasak sesuatu yang sederhana dan mudah,” kata Laila. 

Menurut Laila, salah satu kunci sehat ialah jangan menghitung asupan kalori pada tubuh. Namun, hitung makanan apa saja yang baik bagi tubuh kita.

Jahe
Kali ini Media Indonesia mencicipi tiga hidangan superfood yang mengandung jahe, alpukat, dan bayam. Dalam setiap bahan superfood yang dipilih, Anda akan mendapatkan set menu lengkap, mulai salad, sup, hidangan utama, hidangan penutup, dan minuman. 

Semua set menu, hidangan penutupnya sama, yakni irisan buah segar, seperti melon, semangka, nanas, dan jeruk. Sementara itu, minumannya berupa lemon­grass tea atau teh yang diberi batang serai yang menyegarkan.

Saatnya mencicipi set menu jahe. Pilihan salad yang disajikan ialah smoked salmon salad yang memiliki rasa segar. Sentuhan perasan lemon yang asam akan memancing selera makan Anda. Sesuai temanya, sup yang disediakan lemon ginger soup yang unik. Aroma jahenya langsung tercium dan terasa saat menyeruput kuah kaldu yang gurih, asam, dan sedikit pahit. Sup ini semakin lengkap dengan potongan ayam yang lembut dan gurih di dalamnya. 

“Untuk lemon ginger soup isinya ada chicken leg ayam kampung dengan kaldu yang terbuat dari ayam kampung yang tua. Kami menggunakan ayam kampung karena taste-nya lebih rich. Kaldunya diberi irisan jahe, ginseng, lalu red dates dan terakhir diberi irisan lemon, memang agak pahit sedikit karena  untuk menetrali­sasi rasa dari ginseng. Diberi pula Chinese herbs dan dimasak dengan metode slow cooking sehingga cita rasanya semakin rich,” jelas chef de Cuisine Four Seasons Hotel Jakarta, Asep Dani Hamdani.

Sebagai hidangan utama ada grilled prawn laksa sauce boil potato. Hidangan ini cita rasanya amat akrab dengan orang Indonesia, saus laksa yang gurih dan asin berpadu dengan lembutnya daging udang yang  gurih manis, amat pas dinikmati dengan potongan kentang rebus yang lembut. Paduan ketiganya akan membuat lidah Anda menari-nari. 

“Saus laksanya memang rich flavor of Asia ada santan, jahe, kunyit, bawang merah di dalamnya. Udangnya sendiri dimasak cara western, hanya diberi salt and pepper, thyme, rosemary, garlic, lalu dioven. Kami memasaknya tidak menggunakan api besar karena akan membuat teksturnya akan keras,” imbuh chef Asep.

Alpukat
Untuk alpukat, Anda mendapatkan avocado sorghum salad. Rasa salad ini cukup unik, yakni sorgumnya sedikit asin dipadukan dengan potongan alpukat yang segar, gurih, dan cenderung tawar sehingga menghadirkan perpaduan yang unik namun memicu selera makan. 

Di sini pilihan supnya ada pumpkin soup alias sup labu. Tekstur sup ini pas, tidak terlalu kental ataupun encer. Rasanya gurih dan sedikit manis.

“Pumkin soup ini tidak ada penambahan gula, jadi manisnya berasal dari labu. Memasaknya sendiri sederhana, labu dipanggang dalam oven, setelah dikeluarkan dagingnya lalu diblender,” jelas chef Asep.

Hidangan utamanya ada wok fried black garlic chicken yang memiliki rasa sendiri gurih, sedikit pedas dengan tekstur daging ayamnya yang lembut. Rasanya semakin lengkap dengan pilihan sayur pakcoy dan irisan paprika.

Salah satu bahan bumbu yang unik yang dipakai dalam makanan ini ialah black garlic atau bawang putih hitam. Bawang ini terbuat dari hasil fermentasi bawang putih yang memiliki khasiat kesehatan yang amat tinggi.

Bayam
Sementara itu, untuk superfood bayam dimulai dengan spinach salad with feta cheese, seed, cherry tomato, and lemon mint dressing. Salad ini menyajikan gabungan rasa asam, asin, tapi menyegarkan. Supnya berupa  chinese egg drop and spinach soup. grilled chicken breast over moroccan couscous yang gurih dan bertekstur lembut menjadi hidangan utamanya.

“Dada ayam ini dimasak dengan metode slow cooking, hanya marinasi salt and pepper, rosemary, thyme, dan garlic. Masaknya sendiri direbus dengan api kecil selama 1 jam. Kenapa masak dengan api kecil? Itu agar pori-porinya terbuka dan bumbu meresap. Setelah itu, di-pansir dengan olive oil untuk dapat warnanya,” kata chef Asep.

Jika Anda tertarik mencicipinya, superfood bento box lunch tersebut dapat dinikmati dengan harga Rp280 ribu++. (M-3)

BERITA TERKAIT