23 July 2019, 01:05 WIB

Tumbangkan Avatar, Avengers: Endgame Jadi Film Terlaris Sejagat


Irana Shalindra | Weekend


Film Avengers: End Game resmi menjadi film terlaris sedunia setelah pada akhir pekan lalu tercatat menghimpun pemasukan US$2,9 miliar (sekitar Rp40,4 triliun) sejak perdana dirilis pada April lalu. Dengan perolehan itu, film produksi Marvel Studios tersebut menumbangkan film Avatar (2009) karya James Cameron yang sebelumnya memegang rekor terlaris sepanjang masa dengan penghasilan US$2,79 miliar.

Alan Horn, co-chairman dan chief creative officer dari Walt Disney Studios, mengatakan, “Sebuah ucapan selamat yang besar kepada tim Marvel Studios dan Walt Disney Studios, dan terima kasih kepada para penggemar di seluruh dunia yang mengangkat Avengers: Endgame ke pencapaian bersejarah ini."

“Tentu saja, bahkan dengan berlalunya waktu satu dekade, dampak Avatar tetap sama kuat seperti sebelumnya, dan pencapaian menakjubkan dari kedua film ini adalah bukti berkelanjutan dari kekuatan film untuk menggerakkan orang dan menyatukan mereka dalam sebuah pengalaman bersama."

Produser Kevin Feige sebelumnya mengumumkan berita itu di Comic Con pada Sabtu lalu, mengatakan itu hanya akan sekadar menjadi hitungan hari sebelum Endgame menjadi "film terbesar dalam sejarah". Namun, ia sempat menambahkan, "Jika Anda menyesuaikan dengan inflasi, (James Cameron) masih memegang titel (terlaris).”

Chris Hemsworth, aktor yang memerankan karakter Thor dalam Endgame, mengucapkan selamat kepada timnya atas pencapaian mereka. "Terima kasih kepada semua penggemar di seluruh dunia yang mengangkat Avengers Endgame ke ketinggian bersejarah sehingga menjadikannya film terlaris sepanjang masa!" begitu pesan yang ia unggah dalam akun instagramnya.

Bahkan, James Cameron pun turut memberi selamat kepada Avengers: Endgame, dalam bahasa Na'vi. Ucapan itu diunggah dalam akun twitter @officialavatar. 

Ucapan selamat dari James Cameron yang diunggah di akun twitter @avatar

Avengers: Endgame ialah final dari seri The Avengers yang dimulai pada 2012, dan berturut-turut diikuti Avengers 2015: Age of Ultron, dan Avengers 2018: Infinity War. Avengers: Endgame merupakan  film ke-22 di dunia sinematik Marvel.

Film yang pertama kali dirilis pada 25 April itu dibintangi oleh Robert Downey Jr, Chris Evans, Scarlett Johansson dan Chris Hemsworth tersebut langsung menghasilkan U$1,2 miliar, dan menorehkan nilai pembukaan global terbesar sepanjang masa.

Untuk menumbangkan rekor Avatar, pekan lalu, dirilis ulang Avengers: Endgame dengan versi extended menjadi 3 jam 8 menit dari sebelumnya 3 jam 2 menit. (CNN/M-2)

BACA JUGA: Antiklimaks The Lion King

BERITA TERKAIT