24 April 2019, 09:05 WIB

Disney Buat Bioskop Kolosal Dadakan Demi Avengers: End Game


Irana Shalindra | Weekend

Disney memang tak tanggung-tanggung dalam menghelat film Avengers: End Game. Dalam penayangan perdananya yang berlangsung Minggu malam (22/4), di Los Angeles, AS, waktu setempat, para tamu  mendapat pengalaman istimewa dengan menyaksikan film tersebut di teater berkapasitas 2.000 kursi dengan layar seukuran 70 kaki atau sekitar 21,3 meter.

Dengan perencanaan selama berbulan-bulan dan satu minggu penuh untuk membangun, Hall K Hall of the Los Angeles Convention Center di South Hall telah disulap menjadi bioskop besar dengan layar 70 kaki dan proyeksi canggih dan teknologi suara dari Dolby.

Akan tayang untuk umum pada 26 April, Avengers: Endgame menjadi pamungkas kisah Avengers yang telah berlangsung selama kurang lebih 10 tahun. Diyakini film itu akan mengikuti sukses  blockbuster 2018 Avengers: Infinity War, yang mencapai US$2 miliar di seluruh dunia dan merupakan film dengan penghasilan tertinggi keempat sepanjang masa.

Dengan membangun bioskop khusus di pusat konvensi --yang juga menampung acara karpet merah dan pesta pascapenayangan film-- Disney menciptakan tempat duduk stadion untuk lebih dari 2.000 tamu --itu lebih banyak dari kapasitas bioskop terbesar di Hollywood atau bahkan Dolby Theatre ( ketika proyeksi dan suara immersif dipasang, mengurangi penggunaan balkon).

Untuk melakukan ini, Disney bermitra dengan Dolby serta QSC Audio. "Ini adalah upaya besar dan memerlukan koordinasi banyak bagian yang bergerak dengan kerahasiaan - nama kode dan semuanya. Dengan waktu yang terbatas di venue, kami bekerja sepanjang waktu," terang Michael Kern, vp acara produksi khusus di Walt Disney Studios, kepada The Hollywood Reporter.

Instalasi ambisius termasuk proyektor laser ganda Dolby Vision yang menawarkan rentang dinamis tinggi dan kecerahan yang diperlukan untuk mengisi layar 30x70 kaki, serta suara imersif Dolby Atmos. Untuk menghasilkan efek suara yang ciamik, tidak kurang disematkan 150 speaker, 20 subwoofer, 100 surround dan sekitar 750.000 watt di bioskop itu. Ditambah 2.500 kaki linier rangka dipasang, termasuk di langit-langit auditorium untuk menahan speaker overhead serta pencahayaan LED. Mitra memasang sistem cadangan dan cadangan yang sepenuhnya redundan untuk suara dan proyeksi. Hanya teknologi yang akan bernilai jutaan.

BACA JUGA: Thanos dan Agenda Politik Lingkungan Marvel

"Kami menghabiskan banyak waktu merencanakan model ruang dan merancang paket untuk mengontrol akustik ruangan sehingga apa yang didengar penonton konsisten dengan apa yang didengar pembuat film pada tahap pencampuran," kata Kern. Ini melibatkan penggunaan peredam suara dengan hati-hati di ruang besar. "Banyak upaya juga dilakukan untuk mengendalikan cahaya sekitar dan mengoptimalkan proyektor untuk mencapai kisaran warna dan nada super hitam dengan proyeksi laser Dolby Vision." (M-2)

BERITA TERKAIT