Kearifan di balik Jamuan Masak ala Papua

Views : 1448 - 30 December 2018, 07:00 WIB

ASAP yang beterbangan di udara disertai suara batu beradu menyentuh indra saat memasuki halaman tengah Sekolah Seniman Pangan Vida Bekasi, beberapa saat lalu.

Di sana, sudah dipenuhi beberapa orang yang tengah mempersiapkan jamuan masakan khas Nusantara. Rupanya asap dan suara yang dihasilkan dari batu panas yang dibakar dan beberapa dedaunan khas hutan itu yang akan digunakan sebagai medium memasak khas suku Papua.

Unik memang menjelajahi setiap jengkal kebudayaan Nusantara, salah satunya mengenal proses memasak dan perjamuan dari setiap daerah. Tak ayal, keberagaman perjamuan tersebut sangat kental dipengaruhi budaya dan interaksi sosial di dalamnya. Begitu pun dengan saudara kita yang berasal dari timur Indonesia, Papua.

Suasana jamuan ini berkesempatan dirasakan melalui pengalaman memasak bakar batu yang digelar Javara Culture, pada Minggu (9/12). Rupanya tradisi ini merupakan tradisi memasak bersama yang kerap dilakukan di Papua dengan menggunakan batu panas serta mencampurkan bahan makanan dengan dedaunan aromatik. Seluruh elemen ini ditumpuk batu-batu panas sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas dari bebakaran. Demo masak ini dipimpin langsung chef Jungle, Charles Toto. (Hilda Julaika)

BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA