12 January 2022, 17:00 WIB

Puskesmas di Tangerang Gelar Vaksinasi Booster


Mediaindonesia.com |Video

PULUHAN warga mengikuti vaksinasi booster yang digelar di Puskesmas Cibodas, Kota Tangerang, Banten, mulai hari ini Rabu (12/01/2022).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprioritaskan vaksin booster untuk kelompok lanjut usia dan kelompok yang rentan (immunocompromised dari peserta BPJS PBI) dan minimal 6 bulan setelah mendapatkan vaksin primer dosis lengkap.

Vaksin ini menyasar wilayah yang sudah memenuhi 70 persen suntikan pertama dan 60 persen dosis kedua. Diperkirakan ada 244 kabupaten/kota di Indonesia yang sudah memenuhi kriteria untuk mendapatkan vaksin tersebut secara gratis.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) per 10 Januari 2022 menyetujui 5 jenis vaksin COVID-19 sebagai booster, yakni CoronaVac / Vaksin COVID-19 Bio Farma, Vaksin Pfizer, Vaksin AstraZeneca, Vaksin Moderna, dan Vaksin Zifivax.

Masing-masing dikategorikan sebagai homolog, heterolog, atau bisa keduanya. Homolog sendiri berarti jenis vaksin primer atau vaksin dosis lengkap di awal sama dengan jenis vaksin booster, sedangkan heterolog maksudnya jenis vaksin primer dan booster yang digunakan berbeda.

Kombinasi vaksinasi booster diberikan sesuai dengan pertimbangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), antara lain:
- Untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac, akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.
- Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca, akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA