06 May 2021, 23:54 WIB

Mengapa Baru Sekarang KKB Papua Dilabeli Sepatis Teroris?


Mediaindonesia.com |Video

BELUM genap duka bangsa atas musibah KRI Nanggala-402, disusul musibah lainnya. Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur usai kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Papua. Entah ada kaitannya atau tidak? Karena yang gugur adalah seorang perwira tinggi, pemerintah secara resmi melabeli organisasi itu sebagai kelompok separatis teroris.

Upaya pelabelan tersebut memicu pro dan kontra. Dukungan dari pimpinan MPR, Panglima TNI, Kapolri, dan tokoh-tokoh masyarakat Papua yang merasa resah dengan gerakan yang dilakukan organisasi tersebut. Sedangkan pihak yang tidak setuju pelabelan KKB menjadi kelompok separatis teroris beralasan hal itu akan berdampak pada masyarakat sipil yang tidak bersalah.

KKB di Papua memang sudah banyak menelan korban, dari tukang ojek, pelajar, guru, hingga prajurit-prajurit TNI dan Polri. Aksi kekerasan di Papua bisa dirunut sejak 1976. Banyak yang pikir kenapa pemerintah begitu lama untuk menempelkan sebuah kelompok seperti ini dengan label separatis teroris? Apa sebenarnya yang diinginkan pemerintah?

BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA