26 December 2020, 12:00 WIB

Sandi, Risma, dan Warisan Jokowi


Mediaindonesia.com |Video

PRESIDEN Joko Widodo mengubah format anggota Kabinet Indonesia Maju. 6 wajah baru bergabung sebagai menteri.

Di antara ke-6 menteri baru, nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno dan Menteri Sosial Tri Rismaharini menjadi sorotan. Sandiaga bersama Prabowo Subianto merupakan rival Jokowi pada Pilpres 2019. Pesta Demokrasi itu dicatat sebagai salah satu Pemilu epik yang nyaris membelah bangsa dengan polarisasi yang tak mudah dihilangkan hingga kini.

Sandi dan Risma mungkin digadang-gadang sebagai calon yang melaju di Pilpres 2024. Kursi menteri adalah kendaraan tepat untuk memoles citra diri. Asal kerja benar dan tak korupsi. Jangan lupa, masih figur lain seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil. Yang jelas, Jokowi nampaknya ingin mewariskan Indonesia pada pemimpin muda.

Memang masih lama, beberapa tahun lagi. Tidak ada salahnya untuk mulai menyiapkan mental untuk pesta demokrasi yang sehat. Agar paham, bahwa merangkul lawan demi kepentingan yang lebih besar adalah hal biasa dalam politik. Tidak ada sosok yang benar-benar sempurna. Begitu juga mustahil ada yang benar-benar buruk. Jadi mendukung dan membencilah sewajarnya.

BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA