25 July 2020, 03:00 WIB

Kreatif di Ruang Terbatas


Mediaindonesia.com |Video

UNTUK mengisi waktu luang sejak tempat bekerja membuat aturan work from home (WFH) di masa pandemi covid-19, akhirnya memilih budidaya ikan dalam ember (budikdamber).

Dengan ember cukup besar ukuran tinggi sekitar 80cm dengan diameter 50cm, bisa digunakan untuk memelihara ikan seperti lele dan gabus, sekaligus menanam sayuran di atas ember secara bersamaan.

Jika dikerjakan secara serius, dalam satu hari bisa membuat 2-3 ember siap pakai untuk budikdamber. Ada yang lubang 10 maupun lubang 16, yaitu lubang tempat meletakkan sayuran.

Satu ember siap pakai untuk budikdamber ini dihargai 180ribu untuk yang lubang 10, dan 200an ribu untuk ember lubang 16.

Untuk satu ember bisa diisi 50-70 ekor lele ukuran 4-6cm, agar ikan tersebut lebih leluasa hidup di dalam ember. Tak harus lele, ikan lainpun bisa seperti gabus misalnya.

Demikian juga dengan sayurannya, tidak harus kangkung, sayuran lain seperti sawi pun bisa.

Budikdamber adalah metode sederhana untuk ketahanan pangan keluarga, yang memanfaatkan ruang sempit di rumah seperti teras, pekarangan maupun area dapur. Seperti yang ada di kawasan Pondok Melati, Jatiwarna, Bekasi.

BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA