08 June 2023, 10:38 WIB

Acer Perkaya SpatialLabs dengan Pengalaman 3D Stereoskospik untuk Developer


Basuki Eka Purnama |

ACER resmi mengumumkan penambahan teknologi terkini pada perangkat laptop Acer SpatialLabs Pro sehingga bisa menghadirkan pengalaman 3D stereoskopik bebas kacamata. 

Menambahkan fitur Unity Plug-in terbaru, developer dari berbagai industri dan praktisi bisa memanfaatkan perangkat SpatialLabs Pro saat pembuatan konten dan aplikasi 3D stereo. 

Selain itu, SpatialLabs Pro  juga dilengkapi dengan Acer OpenXR Runtime yang telah disertifikasi, dan memungkinkan developer untuk menggunakan protokol OpenXR saat membuat konten maupun aplikasi 3D stereo pada tampilan komersial SpatialLabs. 

Baca juga: Acer Indonesia Resmi Hadirkan Helios Neo 16

Tidak ketinggalan, Acer juga menghadirkan Acer SteamVR Bridge pada perangkat laptop ini, yang bisa memaksimalkan penggunaan stereo 3D dan ditujukan untuk developer aplikasi VR. Dengan teknologi tersebut, pengguna dapat merasakan pengalaman imersif yang disempurnakan saat memakai SpatialLabs Pro.

Program Pro Suite Developer: Unity Plug-in

Acer telah meluncurkan dukungannya untuk Unity plug-in dan memperluas jangkauannya ke lebih banyak kreator di berbagai bidang, termasuk pendidikan, arsitektur, konstruksi, kedokteran, dan lainnya, bersama dengan Unreal plug-in. 

Baca juga: Acer Hadirkan Nitro ANX untuk Pasar Komersial

Sebagai platform yang banyak digunakan untuk membuat konten dan aplikasi 3D stereo, semakin banyak developer profesional dapat memanfaatkan alat dan vertikal Unity plug-in yang tersedia guna meningkatkan pengalaman maupun membantu menampilkan model kerja yang dibutuhkan dalam bentuk 3D sebenarnya pada perangkat Acer SpatialLabs Pro, tanpa memerlukan kacamata khusus.

Acer OpenXR Runtime

Setelah membuat pengukuran yang menjadi standar, Acer berhasil menjadikan perangkat SpatialLabs Pro sesuai dengan OpenXR. 

Acer yang selama ini telah menjadi anggota dan kontributor dari OpenXR Khronos, diketahui telah menerapkan standar terbuka dan menyatakan komitmen untuk membangun ekosistem yang dapat diakses sebagai solusi perangkat kerasnya.

Pencapaian terbaru Acer memberikan keuntungan pada komunitas developer extended reality (XR), mengingat adanya pilihan untuk menghadirkan karya mereka dengan 3D stereoskopik resolusi tinggi tanpa kacamata. 

Kreator konten maupun aplikasi, bisa memanfaatkan sinergi lintas platform OpenXR, API berkinerja tinggi untuk inovasi yang lebih cepat, maupun portofolio atau pengalaman Acer dalam menghadirkan visual 3D stereoskopik imersif melalui solusi SpatialLabs. 

OpenXR Runtime juga tersedia bagi pengguna perangkat Acer SpatialLabs Pro, untuk menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan OpenXR seperti Autodesk VRED, dan Blender.

Acer SteamVR Bridge

Hadirnya driver SteamVR Bridge milik Acer, pengembang aplikasi VR, mulai dari tur virtual hingga pameran seni, dan konten pendidikan, dapat menjadikan nyata gambar kreasi mereka dengan jelas tanpa memerlukan perangkat tambahan seperti headset VR. 

Pengguna SpatialLabs Pro juga dapat memanfaatkan Acer SteamVR Bridge dengan NVIDIA Omniverse, untuk merampingkan alur kerja dan memperluas opsi tampilan mereka untuk proyeksi 3D stereo yang disempurnakan dari grafik kompleks, efek visual, dan simulasi. (RO/Z-1)

BERITA TERKAIT