12 March 2023, 22:24 WIB

Bantu Petani Korban Gempa Cianjur, Aplikasi Superpetani.com Diluncurkan


mediaindonesia.com |

MENPAREKRAF Sandiaga Uno menghadiri perilisan aplikasi Superpetani.com yang dicetuskan relawan. Aplikasi tersebut diharapkan bisa membantu para petani, terutama yang menjadi korban terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Sandiaga menjelaskan, Superpetani.com bisa memotong rantai pasok bahan-bahan pokok. Sehingga, harga yang sampai ke masyarakat pun jadi lebih terjangkau.

"Ibu Eprilia meluncurkan Superpetani.com, ini aplikasi yang bisa menghubungkan centra produksi, distribusi, dan juga konsumsi. Sehingga menjamin harga dari bahan pokok ini bisa terjangkau," ujar Sandiaga Uno di Aula Sarbini, Jl Pusdika Raya, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (12/3/2023).

Selain itu, Sandiaga juga menyebut aplikasi ini bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Dalam kesempatan itu, Sandiaga pun menjadi orang pertama yang menjajal Superpetani.com.

"Dengan aplikasi ini teknologi memungkinkan agar bahan-bahan pokok ini bisa langsung mencapai kepada para distributor maupun juga anggota masyarakat secara efektif. Di antar tadi langsung dengan kendaraan listrik namanya Gelis, Gerobak Listrik. Nah ini merupakan satu terobosan yang luar biasa," ucapnya.

Perilisan aplikasi ini pun disambut antusias. Termasuk petani asal Cianjur, Herman Permana yang notabene korban gempa beberapa waktu silam.

Saat sesi tanya jawab dengan Menparekraf Sandiaga Uno, Herman menyampaikan apresiasinya terkait perilisan aplikasi Superpetani.com. Dia juga memanfaatkan momentum berbincang dengan Sandiaga itu untuk menyampaikan beberapa keluhannya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Padi Indonesia Jaya (YPIJ) sekaligus Ketua Relawan Super Sandi, Eprilia Tri Arum Taurusia menjelaskan masyarakat juga bisa menjadi reseller dengan membuka kios-kios dari Superpetani.com. Dia pun menyebut bakal memperbanyak armada transportasi untuk membantu suplai bahan-bahan.

"Kami akan coba support untuk mensuplai dan InsyaAllah kami sediakan berbagai macam armada. Dari yang truk, box, sampai yang terkecil motor kita akan sediakan untuk bisa support kepada warga untuk bisa memberikan peluang usaha," kata Eprilia.

Adapun kegiatan ini juga mengadakan perlombaan fesyen desain batik dan pelatihan pengelolaan keuangan. Acara ini turut dihadiri Founder of Mien R Foundation, Mien Rachman Uno dan Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi. (N-3)

BERITA TERKAIT