25 January 2023, 20:41 WIB

Makin Ekspansif, DANA kini Bisa Digunakan di Thailand dan Menyusul Negara ASEAN Lain


Mediaindonesia.com |

PLATFORM dompet digital, DANA makin ekspansif untuk menghadirkan inklusi keuangan. Bahkan, bukan hanya ekspansif di Indonesia, DANA yang dikelola PT Espay Debit Indonesia Koe itu juga mulai bisa digunakan di luar negeri.

CEO DANA Vince Iswara mengungkapkan, pembayaran lewat metode kode batang (QRIS) yang disajikan DANA kini sudah bisa digunakan di Thailand. Hal itu dimungkinkan lewat kerja sama QRIS Cross Border yang disediakan oleh Bank Indonesia.

"QRIS cross border sudah bisa dipakai di Thailand, berikutnya dalam waktu dekat akan bisa di Malaysia dan harapannya ke negara Asia Tenggara lainnya," kata Vince di Jakarta, Rabu (25/1).

Hingga 2022, Vince menambahkan, DANA mencatatkan pertumbuhan pengguna hingga sekitar 42 persen. Saat ini tercatat pengguna layanan DANA mencapai 135 juta. 

"Jumlah itu naik sekitar 40 juta pengguna dibandingkan 2021 yang tercatat sekitar 95 juta pengguna," imbuhnya.

Penambahan pengguna itu, lanjut Vince, juga ditopang oleh pertumbuhan pengguna dari luar Pulau Jawa. Ia menyebutkan, saat ini 40 persen pengguna DANA berasal dari luar Jawa. 

Baca juga : Dukung Akeselerasi Digital di Tanah Air, First Media Hadirkan 3 Paket Baru

'Pertumbuhan ke kota tier 2, 3, dan daerah rural sangat baik. Ini meningkatkan inklusi ke masyarakat Indonesia," ujarnya. 

Untuk menghadirkan inklusi keuangan yang lebih luas, DANA akan meningkatkan variasi layanan tidak terbatas pada layanan QRIS dan transaksi perbankan, DANA merambah juga layanan dompet digital yang memfasilitasi investasi, asuransi, dan kredit.

Untuk menunjang itu, Vince mengatakan telah berinvestasi dalam jumlah besar untuk meningkatkan kualitas platform DANA. Ia bahkan menyebutkan 60 persen karyawan DANA merupakan engineer yang akan memastikan keandalan aplikasi dan juga keamanan data pengguna.

"Kami itu intinya perusahaan berbasis teknologi, yang membuat platform untuk membantu perusahaan layanan keuangan di Indonesia," ujarnya.

Di sisi lain, DANA juga menjalin kolaborasi dengan penyedia solusi pembayaran lain, salah satunya Xendit. Managing Director Xendit Mikiko Steven mengatakan, pertumbuhan volume transaksi Xendit selama bermitra dengan DANA Indonesia pada 2021 mencpaai Rp553 miliar, kemudian pada 2022 mencapai Rp4 triliun. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT