08 December 2022, 19:45 WIB

Peran Perusahaan Teknologi sangat Dibutuhkan Untuk Mengamankan Data Siber


Ardi Teristi |

KEAMANAN data digital merupakan salah satu prioritas penting cyber
security nasional. Untuk menjaga keamanan data digital, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, tetapi juga butuh dukungan semua pihak, termasuk perusahan teknologi.

Chairman Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), Ardi Sutedja mengapresiasi bagi setiap pihak yang memiliki solusi keamanan data dan informasi.

"Ini  sangat penting mengingat sistem pengamanan data yang ada di Indonesia sejauh ini masih sangat minim, sehingga seringkali terjadi serangkaian pembobolan data akhir-akhir ini," kataya di sela-sela pembukaan Konferensi Indonesia Cyber Security Summit di Yogyakarta, Selasa (7/12).

Ia menambahkan diperlukan cara pandang, upaya, dan konsep-konsep baru
perlindungan data yang terkini dalam mencegah serangan siber oleh pihak
yang tidak bertanggung jawab

Acer

Sementara itu, Senior Technical Advisor, Acer Cyber Security Inc Charles Lim, mengatakan penguatan keamanan yang dapat mengantisipasi serangan siber sejak awal sangat dibutuhkan. Sebagai perusahaan teknologi penyedia hardware, software dan services, pihaknya mendukung perlunya penguatan keamanan data melalui security assessment yang menyeluruh sebagai solusi keamanan siber bagi perusahaan
dan instansi.

"Acer selalu mendukung upaya keamanan siber, khususnya dalam hal keamanan data untuk perusahaan maupun instansi," kata dia.

Pelayanan keamanan siber Acer meliputi konsultasi dan layanan profesional, juga layanan teknologi keamanan untuk memberikan perlindungan berlapis terhadap aset penting.

"Layanan keamanan terkelola dengan memantau dan mengelola aset penting 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Kami juga melakukan pendidikan dan pelatihan keamanan siber dan membangun program ketahanan siber yang efektif," tandasnya.

Ia menyebut, saat ini banyak serangan siber dilakukan oleh pihak yang tak bertanggungjawab melalui, antara lain, Distributed Denial of Service (DDOS) dan Malware/Ransomware. Serangan tersebut mengakibatkan hilangnya akses terhadap data sensitif dan rahasia perusahaan atau instansi serta biaya-biaya finansial yang harus dikeluarkan untuk pemulihannya.

"Inilah salah satu alasan mengapa keamanan data menjadi sangat penting," lanjutnya.

Charles menekankan, untuk memberikan perlindungan kepada pelanggannya, Acer menyediakan keamanan siber yang lengkap, di antaranya security
assessment yang harus dilakukan secara aktif terhadap website untuk
menemukan kerentanan atau celah yang ada pada website tersebut. Dengan
menggunakan metode cyberacsi, asesmen bisa dilakukan dari luar dengan
informasi seminimal mungkin, namun bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Acer berharap, kontribusi pada agenda keamanan siber dapat memberikan
solusi terkini pencegahan serangan siber di berbagai bidang, terutama pada kelompok vertical industry. Acer optimistis melalui serangkaian layanan siber yang akan dilakukan dapat memberikan kontribusi lebih bagi keamanan siber di Indonesia.


Serangan siber


Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siberian menyebut, semakin meningkatnya kecanggihan, membuat atu infrastruktur dengan
infrastruktur yang lain sangat bergantung, sehingga mengakibatkan masalah keamanannya juga meningkat.

"Kini, berperang tidak hanya bisa di laut, darat, dan udara, tetapi juga di ruang siber," kata dia.

Pihaknya pun mencatat, dari 1 Januari-2 Desember 2022 terdapat 948.859.261 anomali trafik di ruang digital. Dari jumlah tersebut, 56,71% adalah malware activity, 14,84% information leak, 10,66% Trojan activity, dan 17,79% lain-lain.

Oleh sebab itu, pemerintah telah membuat empat strategi keamanan siber
nasional untuk menjaga ruang digital. Pertama, mewujudkan keamanan siber. Kedua, melindungi ekosistem perekonomian digital nasional.

Selain itu juga meningkatkan kekuatan dan kapabilitas keamanan siber yang andal dan berdaya tangkap. Yang tidak kalah penting ialah mengutamakan kepentingan nasional dan mendukung terciptanya ruang siber global yang terbuka, aman, stabil, dan bertanggung jawab. (N-2)

BERITA TERKAIT