07 December 2022, 22:49 WIB

10 Daftar Emulator Android Mulai dari yang Paling Ringan


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

EMULATOR merupakan sebuah program yang memungkinkan pengguna komputer atau PC menggunakan sistem operasi perangkat lain di komputer-komputer atau PC tersebut. 

Meskipun emulator tidak bisa dijalankan di sembarang perangkat komputer, namun ada beberapa emulator android yang dapat memberikan Anda pengalaman bermain games HP melalui komputer atau PC.

1. Bluestacks 5

Bluestacks merupakan emulator android yang paling populer digunakan. Bluestacks juga salah satu emulator Android ringan untuk Mac yang sangat berguna buat kalian pengguna MacBook.

2. ARChon

Emulator ARChon adalah ekstensi Google Chrome yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan program atau game android. Namun, kemampuan ARChon tidak sebanyak emulator yang lain karena hanya merupakan ekstensi dan hanya mendukung beberapa aplikasi saja.

3. Xamarin

Xamarin dapat membantu Anda dalam menggunakan berbagai aplikasi developing software. Xamarin sangat kompatibel dengan Microsoft Visual Studio.

4. Droid4x

Droid4x dapat menjadi pilihan emulator jika PC Anda hanya memiliki RAM sebesar 1GB saja. Droid4x mendukung add-ons yang memungkinkan untuk mengontrol game di komputer dengan smartphone.

5. Andy

Andy atau Andyroid mendukung antarmuka androis secara penuh dan dapat menjadikan smartphone sebagai controllee dengan menghubungkan koneksi Bluetooth atau WiFi. Namun, emulator ini pernah terlibat dengan kasus malware yang mengambil bentuk crypto miner. Jadi Anda harus tetap berhati-hati jika menggunakan emulator ini.

6. NoxPlayer

NoxPlayer merupakan emulator ringan untuk PC yang bisa diandalkan untuk gaming dengan lancar tanpa lag. Terdapat utilitas dan penambahan yang secara khusus membantu gamer mengendalikan game menggunakan keyboard dan mouse.

7. LDPlayer

LDPlayer menawarkan stabilitas dan fitur multitasking untuk bermain dua game berbeda di jendela yang sama. Anda dapat bermain game seperti Seperti PUBG Mobile, Arena of Valor (AOV), Mobile Legends, hingga Chess Rush di komputer atau PC Anda.

8. KoPlayer

KoPlayer memiliki fitur unik untuk membantu performa gaming. Pengguna diberikan pilihan antara Speed untuk memaksimalkan performa emulator dan Compatibility sebagai pilihan aman. KoPlayer juga memberikan pilihan bagi pengguna yang ingin menjalankan dua emulator sekaligus tapi tentunya hal ini membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi.

9. Genymotion

Dengan menggunakan genymotion, Anda dapat menguji aplikasi atau game pada berbagai perangkat tanpa benar-benar dituntut untuk memiliki perangkat tersebut. Anda juga dapat mengkonfigurasi emulator untuk berjalan dengan berbagai versi Android sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Gameloop

Gameloop atau nama sebelumnya Tencent Gaming Buddy, memiliki spek kecil yang dapat mendukung PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, dan lain-lain.(OL-5)

BERITA TERKAIT