29 November 2022, 21:45 WIB

Peran Penting OEM seperti Xiaomi, Oppo, Apple dan Samsung untuk Online Advertising


mediaindonesia.com |

ORIGINAL Equipment Manufacturer (OEM) adalah sejenis platform periklanan yang dirancang oleh produsen perangkat seperti Xiaomi, Oppo, VIVO, Samsung, Apple dll.

Pembicaraan lebih lanjut tentang inovasi teknologi in-app & on-device (OEM) advertising semakin meningkat untuk aplikasi gaming dan non-gaming di Indonesia, menjadikan in-app bidding topik hangat. Namun keterbatasan dalam lingkungan aplikasi telah mencegah adopsi inventaris OEM secara luas.

Beruntung situasi ini berubah dengan cepat karena Platform Sisi Permintaan (DSP) seluler dan jaringan iklan seluler menghadirkan solusi canggih untuk memungkinkan pembelian inventaris dalam aplikasi dalam skala besar. Sembari mengadaptasi penawaran waktu nyata antara web dan aplikasi secara transparan, banyaknya aplikasi yang dikembangkan setiap harinya membuat persaingan antar developer cukup ketat.

Ada lebih dari 100.000 aplikasi yang dirilis ke Google Play Store setiap hari, yang menantang mereka untuk mendapatkan visibilitas dan daya tarik dari calon pengguna. Untuk menarik perhatian calon pengguna, pengembang memanfaatkan pemasaran melalui jalur digital. Sangat jelas bahwa pemasar membutuhkan sumber dan mitra iklan alternatif di luar toko aplikasi utama dan jaringan iklan selain Google, dan Facebook.

Dengan mengingat hal ini, Xapads Media platform adtech terkemuka telah membangun kemitraan yang kuat dengan OEM, dan Xapads juga menjadi partner utama yang dipilih Xiaomi untuk pasar India dan SEA, dan kami melihat bahwa OEM advertising menjadi bagian penting sebagai strategy marketing seluler mereka dimasa yang akan datang

Selama beberapa tahun terakhir, advertising OEM menjadi salah satu media iklan teratas karena transparansi dan jangkauannya yang luas dan memungkinkan pengiklan untuk memaksimalkan peluang.

Menjelaskan tentang manfaat OEM dalam periklanan, Edo Fernando, Country Head Indonesia untuk Xapads Media mengatakan, Unique Selling Proposition (USP) yang ditawarkan juga menjadikannya jauh lebih hemat biaya dibandingkan strategi pemasaran tradisional, OEM advertising menawarkan pengiklan untuk dapat terhubung dengan pengguna sepanjang masa baik itu in-app maupun on-device, sejak device diaktifkan sampai dengan masa device berakhir, mulai dr out-of-boxing-OEM advertising memiliki pre-load (pre-install) dan Dynamic preload (suggestion app) saat device diaktifkan, dimana memberikan pengalaman tersendiri baik untuk pengguna maupun pengiklan.

Device atau handphone terhubung dengan pengguna setiap saat sepanjang hari sehingga memungkinkan pengiklan menargetkan pengguna dengan konten yg tepat dan waktu yg tepat. Pengguna juga dimanjakan dengan toko aplikasi OEM (app store) untuk melihat aplikasi apa saja yang baru dan yang sedang trend saat ini, Dan masih banyak lagi penempatan iklan yang bisa di customize disesuaikan dengan kebutuhan pengiklan, diantaranya bisa menargetkan  di saluran unggulan seperti Push Notification, Recommended app, Hot app, Browser, Folder, Music, Keyboard dan masih banyak lagi. 

"Ponsel berisi aplikasi yang membantu pengguna memenuhi tugas sehari-hari: pembelian, perjalanan, keuangan, hiburan, kesehatan, pendidikan dan lain lain, menurut sumber penggunaan waktu layar ponsel rata rata  5 hingga 8 jam per hari," kata Edo, dalam keterangannya, Selasa (29/11).

Ini peluang berharga bagi pemasar seluler, penerbit, dan pengembang aplikasi. Periklanan OEM telah merevolusi pemasaran digital dengan pembelanjaan iklan berkualitas, menginspirasi pengiklan untuk beralih ke peluang branding dan performa kinerja yang lebih efektif.

OEM memiliki jangkauan audiens baru dan pertumbuhan yang cepat. Pengiklan mendapatkan cerita dan wawasan pengguna, perilaku dan pola pembelian, waktu yang dihabiskan oleh pengguna, harga dan jenis perangkat, dan berbagai aktivitas terkait. Karenanya, pemasar dapat menyiapkan kampanye untuk menargetkan audiens pengguna tertentu.

"Iklan OEM juga memungkinkan kampanye yang dipersonalisasi berdasarkan perilaku pengguna. Dengan cara ini, pembelanjaan iklan lebih efisien dan ROAS yang tinggi, serta memberikan cakupan berkualitas tinggi dan performa kampanye yang lebih tinggi. Ini akan memudahkan pengiklan mencapai sasaran akuisisi pengguna dan meningkatkan laba atas belanja iklan," ujarnya.

Ada beberapa keuntungan utama beriklan melalui OEM. Pertama,  memungkinkan pemasar seluler untuk meningkatkan bisnisnya dengan menjangkau audiens yang belum dimanfaatkan dan pemasar baru yang membuat lebih mudah dan lebih cepat mencapai sasaran pertumbuhan bisnis. Kedua, OEM menawarkan akuisisi pengguna yang luas dengan CPI yang lebih rendah. Ini membantu pengiklan mencapai target akuisisi dan meningkatkan ROAS. Ketiga, pengiklan dapat membangun kepercayaan dengan audiens OEM yang penggunanya sudah setia pada merek. Keempat, juga yang terpenting OEM menawarkan ekosistem anti penipuan dan transparan, karena tidak ada lapisan tambahan antara pemegang anggaran yang dapat memanipulasi unit iklan. Jangkauan iklan dikontrol sepenuhnya oleh OEM.

“Pembelanjaan iklan hanya dimaksimalkan untuk metrik tayangan, klik, dan instal. Juga dipertimbangkan ketika datang ke unit iklan itu sendiri. Hal Inilah yang menjadi misi kami untuk membantu pemasar mendapatkan keuntungan dari lingkungan dan target bebas penipuan OEM, Kemitraan kami dengan OEM memungkinkan pemasar selular secara signifikan memperluas jangkauan mereka dan mendapatkan keuntungan dari saluran pendapatan baru. Kami juga menawarkan platform Xerxes untuk mengoptimalkan inventaris OEM di perangkat secara real-time. Ini adalah solusi internal yang mengoptimalkan inventaris terbaik menuju sasaran KPI dan tingkat keterlibatan. Hal ini memungkinkan pengiklan mengoptimalkan sepenuhnya kinerja kampanye dalam meningkatkan ROAS,” papar Edo. (OL-13)

BERITA TERKAIT