17 August 2022, 22:41 WIB

SEO Penting Dioptimalkan untuk Bisnis Digital, Begini Caranya


Mediaindonesia.com |

DALAM mengelola sebuah situs internet atau website, diperlukan kemampuan Search engine optimization (SEO).

Duta Kampus UNPI dan Praktisi Literasi Digital Lucy Ayu Daningsih menjelaskan, SEO adalah teknik yang dilakukan untuk melakukan optimalisasi website agar mendapat rangking teratas di hasil pencarian google. 

Ia menyebutkan ada empat langkah optimasi website menggunakan SEO. Pertama, buat dan berikan informasi yang relevan. Kedua, buat judul yang menarik dan mudah diingat. 

"Ketiga, tambahkan gambar yang relevan dengan konten. Dan terakhir, lakukan riset keywords," papar Lucy dalam webinar bertajuk Konsep Bisnis Digital : Search Engine Optimization yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Komite Edukasi Mafindo dan Praktisi Literasi Digital Julita Hazelina mengungkapkan, tiga hal yang perlu diperhatikan saat melakukan optimization website menggunakan SEO. 

Pertama, tidak menggunakan keywords yang mengandung kalimat negatif. Kedua, gunakan judul yang sesuai dengan konten. 

"Dan terakhir, berikan informasi yang jujur dan sesuai dengan fakta,: ujar Julita Hazelina.

Baca juga : Pemasaran Melalui TikTok Makin Diminati, Ini yang Harus Diperhatikan

Program Director Next Generation Indonesia Fikri Andhika menyebutkan tiga tips aman dan nyaman beraktivitas di internet. Pertama, Aktifkan fitur keamanan perangkat kita. 

"Kedua, pasang antivirus. Terakhir, aktifkan fingerprint dan face authentication," papar Fikri Andhika.

Webinar itu merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo pada 2021 untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.   

Berdasarkan survei Nasional Kemenenkominfo dan Katadata pada 2021, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik.  

Program Cakap Digital yang fokus pada 4 pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital pun diluncurkan dan menargetkan peringkat literasi divital Indonesia meningkat.   

"Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT