14 August 2022, 09:57 WIB

Anti-Ketinggalan, Fitur Terbaru WhatsApp Tahun 2022


mediaindonesia.com |

Fitur terbaru WhatsApp tahun 2022 kini semakin banyak dan menambah gaya berkomunikasi menjadi lebih interaktif. Jika Anda adalah pengguna aplikasi komunikasi WhatsApp maka Anda sudah tidak asing lagi, memang faktanya WhatsApp cukup rutin dalam melakukan update.

Mulai dari perbaikan bug, dan penambahan fitur. WhatsApp pun tidak ingin kalah dari aplikasi media sosial percakapan yang lain. Penambahan fitur pada WhatsApp juga menarik perhatian penggunanya supaya tidak bosan dan betah menggunakan WhatsApp.

Kurang lebih terdapat sepuluh fitur terbaru WhatsApp yang bisa Anda miliki pada update terbaru sepanjang tahun 2022 ini. Fitur terbaru WhatsApp terdapat pada fitur utama yang memberikan beberapa tampilan yang berbeda.

Contohnya yang bisa Anda jumpai pada fitur Voice Note yang sudah mendapatkan dua update fitur dari fitur utama Voice Note tersebut. Bahkan pembaruan yang ada pada fitur percakapan yang memberikan tampilan yang berbeda pada WhatsApp sehingga membuat pengguna merasakan suasana tampilan yang berbeda.

Sebelum lanjut ke pembahasannya, bagi Anda yang belum tahu, WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang memang ditujukan untuk berkomunikasi atau media sosial yang melayani percakapan atau perpesanan. Awal mulanya ada pada ponsel, namun kini WhatsApp bisa digunakan di beberapa perangkat lain selain ponsel pintar.

Aplikasi WhatsApp bisa digunakan jika perangkat Anda terhubung dengan jaringan internet. Maka, aplikasi ini tidak memerlukan pulsa seperti layanan SMS berbayar. Sifat dari aplikasi WhatsApp dikenal cukup privat. Sebab, pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp lainnya jika mempunyai nomor telepon pribadi lawan bicara.

Selain untuk perpesanan, aplikasi WhatsApp juga memiliki fitur lainnya supaya memudahkan pengguna dalam berkomunikasi. Anda bisa menggunakan layanan panggilan suara, pesan suara, panggilan video, mengirimkan dokumen, mengirim gambar, membagikan status kepada teman di WhatsApp dan bisa juga membagikan lokasi nyata dan lokasi luar jaringan.

Fitur-fitur utama tersebut mulai berkembang dan update. Seiring berjalannya waktu, WhatsApp kini semakin menambahkan beberapa fitur di dalamnya supaya para pengguna tidak bosan dengan gaya komunikasi yang hanya itu-itu saja.

Nah, supaya lebih jelas apa saja dan bagaimana fitur terbaru WhatsApp di tahun 2022 ini, maka dari itu berikut adalah ulasan mengenai fitur terbaru WhatsApp yang harus Anda ketahui

Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus Anda Tahu

Tidak mau kalah, kini beberapa fitur terbaru WhatsApp yang sudah resmi diluncurkan cukup menarik perhatian di kalangan pengguna WhatsApp. Jika Anda pengguna WhatsApp lama tentu saja sudah tidak asing dengan aplikasi WhatsApp yang cukup rutin mengadakan pembaruan fitur dan bug.

Untuk mengetahui apa saja fitur terbaru WhatsApp, tentu saja Anda harus mengunduh aplikasinya dan punya akun WhatsApp. Jika Anda sudah punya dan masih dalam tampilan yang lama, maka segera lakukan pembaruan versi terbaru. Namun, sebelum itu, Anda juga harus tahu apa saja pembaruan fitur yang diluncurkan oleh WhatsApp.

Berikut ini adalah ulasan tentang fitur terbaru WhatsApp yang harus Anda ketahui, selain menjalin komunikasi yang lebih interaktif, tujuan lainnya juga supaya Anda tidak bosan dengan tampilan yang lama. Penasaran, simak yuk!

Fitur Reaction

Pertama, fitur terbaru WhatsApp adalah reaction atau reaksi pesan. Anda bisa menemukan fitur ini pada bagian perpesanan. Saat Anda mendapatkan pesan dari lawan bicara Anda/teman Anda maka Anda bisa memberikan reaksi berbentuk emoji kepada teman.

Fitur ini bisa langsung digunakan untuk memberikan reaksi secara langsung dengan cara, Anda harus menekan cukup lama sampai muncul pop-up emoji. Lalu Anda bisa langsung pilih emoji atau emoticon mana yang akan digunakan untuk memberikan reaksi terhadap pesan yang Anda dapatkan.

Fitur Berbagi File

Kedua, pada fitur terbaru WhatsApp ada pada bagian fitur utama percakapan atau perpesanan saat berbagi file. Jika dahulu Anda hanya bisa mengirim file dalam ukuran file yang harus Anda kompres menjadi ukuran yang lebih kecil, tidak perlu khawatir. Karena, fitur terbaru WhatsApp kini akan memberikan Anda kesempatan untuk saling membagikan file dengan ukuran sampai 2 GB.

Tentu saja Anda tidak akan repot jika harus membagikan file. Fitur ini dinilai lebih praktis dan akan sangat membantu dalam kinerja Anda yang memang harus mengirimkan file ukuran cukup besar. Dengan begitu, Anda tidak akan beralih ke media yang lain, karena WhatsApp sudah mendukungnya.

Fitur Hapus Pesan

Fitur terbaru WhatsApp yang ketiga adalah penghapusan pesan yang dilakukan oleh pihak admin. Admin yang dimaksud disini adalah admin grup WhatsApp. Admin grup akan diberikan kesempatan untuk menghapus apapun pesannya yang dikirim dari siapa saja. Tujuannya adalah, jika admin menemukan pesan yang tidak pantas maka, admin bisa langsung menghapus pesan yang ada pada grup tersebut.

Durasi Disappearing

Fitur terbaru WhatsApp pada pesan disappearing, seperti yang Anda ketahui jika pesan yang Anda kirim sudah dalam pengaturan durasi disappearing maka itu artinya pesan akan hilang secara otomatis dalam waktu seminggu atau sekitar tujuh hari.

Namun, pada fitur terbaru pembaruan ada pada pilihan pesan akan dihapus secara otomatis pada waktu 24 jam bahkan 90 hari.

Panggilan Suara Teman Bisa Semakin Banyak

Fitur utama WhatsApp salah satunya adalah fitur panggilan suara. Pembaruan juga ada pada fitur utama yang satu ini. Kini Anda bisa melakukan panggilan suara dalam jumlah yang semakin banyak dibandingkan pada pembaruan sebelumnya.

Jika sebelumnya hanya maksimal bisa 9 orang saja, kini Anda bisa melakukan panggilan suara sebanyak 32 orang anggota. Maka, Anda bisa lebih banyak mengundang banyak teman dalam satu panggilan suara dengan menyajikan pengalaman panggilan suara yang berbeda.

Membisukan Orang di Panggilan Grup

Keenam, pembaruan fitur terbaru WhatsApp pada fitur panggilan suara adalah Anda bisa membisukan anggota yang ikut dalam panggilan suara grup. Fitur ini akan sangat bermanfaat jika Anda sedang dalam keadaan meeting daring. Tentu saja bertujuan supaya, jika Anda menemukan anggota yang berisik dan mengganggu maka Anda bisa membisukan orang tersebut. Sehingga perbincangan jadi lebih terkondisikan dengan teratur.

Kirim Pesan ke Anggota Panggilan Suara

Jika Anda tidak asing dengan fitur kirim pesan antar anggota panggilan suara yang dilakukan pada zoom meeting maka, fitur terbaru WhatsApp ini serupa dengan fitur tersebut.

Mengganti Tampilan Background Panggilan Video

Fitur baru selanjutnya ada pada panggilan video. Anda bisa mengubah tampilan background selama melakukan panggilan video. Bisa menggunakan warna solid atau bisa juga menggunakan gambar yang ada pada galeri perangkat Anda.

Pause & Resume pada Voice Note atau Pesan Suara

Pada fitur pesan suara atau voice note, kini Anda bisa menjeda dan melanjutkan pesan suara yang sedang Anda dengarkan. Bisa sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan saat keluar dari ruang obrolan, Anda masih bisa mendengar pesan suara tersebut.

Fitur Voice Message Preview

Fitur terbaru WhatsApp selanjutnya ada pada fitur utama yakni voice note atau pesan suara pada ruang obrolan. Kini Anda bisa melakukan peninjauan atau preview pesan suara sebelum Anda kirim kepada orang lain di dalam ruang obrolan tersebut. Jika menemukan kesalahan maka Anda bisa langsung menghapus dan merekam ulang pesan suara tersebut.

Demikian ulasan mengenai fitur-fitur yang ada pada aplikasi chat WhatsApp yang perlu Anda ketahui.

Tidak hanya mengirimkan pesan teks saja tetapi, Anda bisa juga menjalin komunikasi dengan menggunakan layanan pesan suara dan layanan panggilan suara serta layanan panggilan video.

Bahkan kini Anda bisa melakukan panggilan grup dengan jumlah anggota yang banyak, maka dari itu, WhatsApp kini bisa lebih interaktif. Anda tidak perlu beralih menggunakan aplikasi yang lain.

Tidak hanya itu, pada fitur utama lainnya Anda juga bisa saling berbagi file atau dokumen dan lokasi kepada teman dan keluarga dan bisa juga menambahkan stiker dan emoji reaksi kepada teman dalam obrolan WhatsApp.

Semua fitur baru yang ada pada WhatsApp bisa sesuaikan dengan kebutuhan komunikasi Anda dan bantu mudah lebih interaktif dalam menjalin komunikasi yang baik. Semoga bermanfaat! Untuk berita terbaru dan terpercaya seputar teknologi lainnya silahkan kunjungi : Morning.computer. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT