04 August 2022, 23:11 WIB

Jangan Kalah dengan Generasi Alpha, Gen Z Harus Menguasai Digital Skills


Mediaindonesia.com |

Transformasi digital membawa perubahan pesat pada cara masyarakat berinteraksi. Dengan keberadan internet, media digital bukan lagi menjadi pilihan tapi keharusan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kepentingan individu maupun bisnis.

"Gen Z harus menguasai basic digital skills untuk kesuksesan hidup di masa depan," kata VP Head of Marketing East Java Bali Nusra PT Indosat Tbk, Heny Tri P di Trenggalek, Jawa Timur pada Senin (1/8).

Lebih jauh dia mengatakan, gen z yang merupakan generasi setelah internet ada tetap harus belajar dan menguasai digital skills, meski sejak lahir mereka sudah akrab dengan teknologi. Adapun skill umum masa depan yang perlu dikuasai antara lain complex problem solving, yakni kemampuan menyelesaikan masalah yang asing dan belum diketahui. Kemudian social skills sebagai kemampuan untuk koordinasi, negosiasi, persuasi, mentoring, hingga kecerdasan emosional.

Selanjutnya process skill, berupa berpikir logis, memonitoring diri sendiri dan orang lain. System skill juga termasuk di dalamnya, yakni kemampuan untuk membuat keputusan dan mengetahui bagaimana sebuah sistem dapat dilakukan. Terakhir cognitive abilities, yakni yang berhubungan dengan kreativitas, alasan logis, dan sensitivitas terhadap masalah.

Tentunya digital skills dasar yanh harus dimiliki generasi mendatang adalah bisa menggunakan perangkat komputer, mengakses perangkat lunak, bahkan melakukan personal branding online, bagaimana menyimpan data di cloud, hingga kemampuan dasar mengenai HTML dan coding. (OL-12)

BERITA TERKAIT