18 July 2022, 21:06 WIB

Simpanlah Data Pribadi di Rumah


Mediaindonesia.com |

Pemahaman keamanan digital membuat setiap individu nyaman berselancar di dunia digital. Kehati-hatian menyimpan data pribadi dapat meminimalisasi dampak negatif.

“Jaga data pribadi kita tetap aman dan jangan bagikan dengan siapapun, termasuk di media sosial,” kata Founder-Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo di Kediri, Jawa Timur, Sabtu (16/7).

Sekarang ini pelaku kejahatan digital semakin kreatif melancarkan aksinya. Pada dasarnya mereka berupaya mendapatkan informasi data pribadi seseorang untuk mendapatkan uang dari para korban.

Selain tidak membagikan ke orang lain, individu cakap digital harus memahami tidak ada aplikasi yang dapat menyimpan data pribadi secara aman seratus persen. Meski beberapa aplikasi cloud atau penyimpanan data menyediakan fitur keamanan one time password (OTP) dan two factor authentications.

“Two factor authentications fungsinya mengunci atau melindungi akun, bukan data pribadi. Maka sangat disarankan data pribadi jangan disimpan di cloud, seperti Google Drive dan lain sebagainya. Data pribadi simpan di komputer sendiri. Di handphone juga harus diwaspadai, jangan sampai handphone hilang,” ujar Eko. (OL-12)

BERITA TERKAIT