06 July 2022, 16:41 WIB

Pastikan Konten Media Sosial Berdampak Positif, Ini Caranya


Mediaindonesia.com |

Dalam bermedia sosial, tujuan penggunaan sosial media menjadi landasan terpenting. Sebab, sosial media hanya sebuah alat. Tujuannya beragam, bisa dipakai untuk mengedukasi, promosi, pencitraan diri (personal branding), persuasi, hingga sekadar berekspresi.

Tujuan yang berbeda membuat penggunaan bahasa di media sosial tersebut juga berbeda. Misalnya bermedia sosial untuk mengedukasi, sehingga bahasanya harus merangkul agar orang mau diedukasi. “Apapun tujuannya, haruslah sopan dan positif,” kata CEO and Founder of Coffee Meets Stocks, Theo Derick di Bojonegoro, Jawa Timur, melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (6/7).

Di media sosial, setiap orang pasti akan bertemu komentar-komentar negatif. Segala komentar negatif ketika diguyur hal positif akan tenggelam sendirinya. Theo menjelaskan, sikap positif ini juga akan membangun kredibilitas di media sosial.

Tujuan bermedia sosial juga berpengaruh dalam pembuatan konten. Pengguna media sosial yang baik harus memastikan kebenaran dan kredibilitas kontennya. Sehingga dapat terhindar dari konten penipuan, pemerasan, penghinaan, hoax, pornografi, SARA, dan konten negatif lainnya. “Pastikan konten itu punya dampak positif,” ujar Theo. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT