06 July 2022, 00:05 WIB

Etiket Berinteraksi di Dunia Maya Perlu untuk Hindari Perselisihan


Mediaindonesia.com |

Ruang digital dihuni banyak orang yang memiliki kultur berbeda-beda. Sehingga setiap orang harus memiliki etiket berinternet agar bisa berkolaborasi data dan informasi secara aman dan nyaman untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Etiket merupakan tata cara mengatur interaksi individu dalam masyarakat. Etiket dibangun sebagai pedoman masyarakat dalam bertindak untuk menghindari kesalahpahaman.

“Hindari perselisihan di media sosial. Pastikan kebenaran berita atau informasi sebelum meneruskannya di ruang digital,” kata Managing Director D&D Consulting & Founder Assessme.id, Ni Made Sudaryani di Malang, Jawa Timur, melalui siaran pers, Selasa (5/7).

Etiket dalam berinteraksi di dunia maya sama pentingnya dengan berinteraksi di dunia nyata. Bahkan interaksi di dunia maya berpotensi memberikan dampak lebih besar. Sebab, melakukan kesalahan di dunia digital akan menjadi jejak digital yang abadi.

Dosen Ilmu Komunikasi Fikom Universitas Dr Soetomo, Dr. Nur’annafi Farni Syam Maella, mengatakan, kehadiran internet menyebabkan perubahan budaya dan perilaku. Di sisi lain, internet juga meningkatkan ekonomi kreatif, sehingga harus dimainkan sebaik mungkin. “Berinternet yang produktif bisa menjadi ladang rezeki. Kita bisa memproduksi konten di media sosial, sehingga menjadi influencer,” ujarnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT