04 July 2022, 11:25 WIB

Medsos Berpotensi Jadi Media Berkarya


Mediaindonesia.com |

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan. We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Enterpreneur dan Founder of Coffee Meets, Billy Tanhadi mengatakan potensi akan ruang digital pun bisa dimanfaatkan serta jadi peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan. Salah satunya lewat media sosial, yang kini tak hanya sebagai tempat mencari hiburan, menambah teman, belajar dan beropini. "Intinya dari semua ini jadi media berkarya dan produktif di media sosial," ujar Billy di Ponorogo, Jawa Timur, pekan lalu.

Sebab produktif di media sosial sangat nyata saat ini, ada pekerjaan-pekerjaan yang berpotensi bisa menghasilkan. Seperti influencer dan content creator, bisnis online dan konsultan sosial media yang mengelola akun-akun bisnis atau orang lain dengan konten dan desain. Sebagian orang masih bingung karena belum bisa membuat konten atau tidak tahu ingin berbisnis apa di media sosial. Billy pun berpesan agar mau memulainya. "Keahlian muncul karena kita sering melakukan sesuatu," ujar Billy.

Lebih lanjut dia pun memberikan beberapa kiat memulai langkah kecil untuk bisa produktif di media sosial. Antara lain memilih media sosial yang paling mudah, pilih konten yang paling disukai, gunakan teknik ATM (amati, tiru, modifikasi), Anda juga bisa menggunakan aplikasi desain dari Canva untuk membuat logo, banner, maupun konten. Selanjutnya belajar untuk lebih ahli juga bisa dilakukan melalui berbagai macam platform seperti Google dan YouTube. (OL-12)

BERITA TERKAIT