03 July 2022, 22:30 WIB

Senang Mengekspresikan Diri, Jangan Kebablasan Unggah Data Pribadi


Mediaindonesia.com |

Masyarakat digital memiliki ciri senang mengekspresikan diri, selain itu berinteraksi di media sosial juga sudah menjadi bagian dari keseharian yang hampir tak bisa dilepaskan. Namun mengingat aktivitas di dunia digital yang semakin tinggi, aspek keamanan harus menjadi perhatian. Sebab sama halnya dengan dunia nyata, ada risiko yang mengancam saat beraktivitas di dunia maya.

Business Coach Rumah Siap Kerja, Ismita Putri mengatakan, akhirnya setiap pengguna perlu memiliki kopetensi dasar pemahaman mengenai keamanan digital seperti mengamankan perangkat digital, mengamankan identitas digital, mewaspadai penipuan digital, dan memahami rekam jejak digital.

Lebih lanjut dia mengatakan, keamanan digital yang meliputi perlindungan data pribadi ada yang umum dan khusus. Di antaranya identitas pribadi seperti KTP dan Kartu Keluarga termasuk umum, sementara data terkait catatan kesehatan masuk dalam data pribadi spesifik. "Data anak juga tidak boleh kita sebarkan, karena ini terkait juga dengan hak digital anak dan bukan berkaitan dengan angka saja seperti umurnya," kata Ismita di Situbondo, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Hal ini harus menjadi perhatian di era digital saat segala informasi dan berbagi begitu mudahnya didapatkan. Karena kini sangat mudah bagi pelaku kejahatan untuk mengamati tindak tanduk setiap orang di ruang digital. Menyiasati hal tersebut, pengguna harus berpikir kritis terhadap segala informasi yang datang dari luar dan tidak langsung percaya dengan orang yang dikenal lewat dunia maya. Apakah dari pesan What'sApp yang masuk dan media sosial tempat segala macam kalangan bisa berinteraksi dan berkomunikasi. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT