30 June 2022, 20:55 WIB

Pengguna Internet Rentan Ancaman Kejahatan Siber


Mediaindonesia.com |

Keamanan digital menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan di era teknologi digital seperti sekarang. Terlebih dengan masifnya penggunaan internet, ancaman akan kejahatan siber serta berbagai tindakan penipuan digital amat rentan dialami pengguna.

"Tidak hanya untuk mengamankan data yang kita miliki, melainkan juga melindungi data pribadi yang bersifat rahasia," kata Founder - Komisaris Lenere Business Suites, Eko Prasetyo saat webinar Literasi Digital Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada akhir pekan lalu.

Berbagai ancaman kejahatan pun semakin canggih, mulai dari malware sebagai perangkat lunak yang dirancang untuk mencuri data pribadi maupun uang sari pemilik perangkat. Kemudian phising dan scam yakni teknik mengelabui untuk mencuri data pribadi, serta penipuan melaluo telepon, email, hingga pesan SMS yang bertujuan mendapatkan uang dari korbannya.

Setiap pengguna media digital akhirnya harus mewaspadai setiap aktivitasnya dalam berinternet. Seperti membuat password yang tidak mudah ditebak, rutin mengganti password, menggunakan dua faktor autentifikasi agar akun media sosial tidak mudah diretas, tidak merespons permintaan dari pihak asing yang menginginkan informasi data pribadi hingga menghindari klik tautan tidak dikenal.

Selain itu kenali juga dengan seksama kepada siapa Anda berkomunikasi di internet. Hati-hati saat berbelanja daring, dan hanya instal aplikasi resmi serta gunakan anti virus di perangkat komputer. Tak kalah penting, pemahaman akan keamanan digital juga perlu diberikan kepada anggota keluarga, sehingga Anda berada pada lingkup yang mengerti akan pentingnya keamanan digital. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT