27 June 2022, 22:09 WIB

Inilah Keuntungan Berdagang di Kontrak Abadi Kripto


mediaindonesia.com |

PERDADANGAN kontrak kripto semakin hari kian mendapatkan minat dari para investor, karena menjanjikan keuntungan yang besar dengan modal minim.

Tentu saja, teknik menganalisa harga di produk kontrak kripto tidak jauh berbeda dengan pasar spot, sehingga arus investasi utama banyak beralih ke sini di tengah pasar bearish yang sedang melanda.

Bearish adalah suatu keadaan di mana harga pasar kripto bergerak turun atau melemah secara terus menerus dalam periode waktu tertentu.

Sekadar informasi, perdagangan kontrak kripto, sejatinya memuat apa yang disebut tanggal penyelesaian, yang menjadi tanda berakhirnya kontrak, alias masa kedaluarsa.

Pada saat tanggal penyelesaian tercapai, maka posisi berjalan akan ditutup secara otomatis dan dilikuidasi. Sehingga, itu mengurangi fleksibilitas dari penerapan gaya bertransaksi pada pedagang.

Baca juga: Meski Masuki Siklus Turun, Kripto Tetap Menjanjikan

Untuk menangani kendala tersebut, telah hadir apa yang disebut kontrak abadi, yang tidak memiliki tanggal kedaluarsa. Itu artinya, posisi transaksi dalam kontrak dapat ditahan selama yang dibutuhkan tanpa ada batas waktu sama sekali.  

“Secara mekanisme, kontrak biasa dan kontrak abadi itu sama, hanya berbeda di sisi tanggal penyelesaian saja,” ujar CEO dan Pendiri CoinEx, Haipo Yang dalam keterangan pers, Senin (27/6).

Lebih lanjut dikatakan, harga pada kontrak abadi biasanya akan hampir sama atau sama dengan harga aset di pasar spot.

Dan untuk urusan likuidasi, Haipo mengatakan bahwa ini akan bergantung dari penggunaan margin dan leverage di setiap posisi transaksi. Selain itu, kontrak abadi juga memberlakukan funding rate.

Funding rate adalah biaya yang diterima atau harus dibayarkan oleh pedagang yang menggunakan leverage berdasarkan perbedaan antara harga kontrak abadi dengan harga aset di pasar spot.

“Di CoinEx, kami menyediakan layanan untuk perdagangan kontrak kripto abadi. Dan dengan produk ini, para pedagang dan investor dapat menerapkan banyak gaya transaksi tanpa khawatir dilikuidasi secara otomatis oleh tanggal kedaluarsa,” ujar Haipo.

Menurut Haipo, platform perdagangan kontrak di CoinEx pun dihadirkan secara sederhana dan mudah dipahami, sehingga pengguna pemula akan dengan mudah beradaptasi.

"Video tutorial pun tersaji lengkap di dalam platform, sehingga pemula dapat mengembangkan kemampuan mereka dengan lebih mudah dan terarah," katanya..

“Saat ini, perdagangan kontrak abadi telah menjadi favorit para pedagang karena kemudahan dan fleksibilitasnya, terlebih dalam hal masa berakhir kontrak. Di CoinEx, layanan untuk perdagangan kontrak abadi telah disediakan untuk ratusan aset kripto,” ungkap Haipo. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT