16 June 2022, 10:00 WIB

Kapan Saat yang Tepat Membeli Laptop Gaming?


Miskah Syifa PutriĀ  |

BERMAIN gim daring bukanlah suatu aktivitas yang asing lagi ditemukan saat ini. Aktivitas itu sudah menjadi salah satu aktivitas terpopuler di Indonesia. Berdasarkan laporan We Are Social, Indonesia menjadi negara dengan jumlah gamers terbanyak ketiga di dunia.

Nah, bagi kalian para gamers, pastinya membutuhkan laptop gaming dengan performa terbaik saat bermain game online. Semakin bagus laptop gaming tersebut, maka semakin lancar juga pengalaman kalian saat bermain game.

Lalu, laptop gaming apa aja yang paling sering dicari para gamers?

Baca juga: 31 Desain Laptop Gunakan Prosesor Teranyar Intel

Berdasarkan data dari iPrice, Acer Nitro 5 menjadi pilihan terpopuler di kalangan gamers di Asia Tenggara. Laptop gaming ini paling banyak dicari di Indonesia, Singapura, dan Filipina. Untuk Thailand, Lenovo Legion 5 menjadi laptop gaming terfavorit bagi mereka. 

Sedangkan Dell Alienware X15 menjadi laptop yang paling populer di kalangan gamers Malaysia. Laptop gaming favorit para gamers lainnya adalah ASUS TUF Gaming. Sementara itu, HP Pavilion Gaming 15 memiliki pasar yang kuat di Thailand dan Indonesia.

Namun, membeli laptop gaming pun harganya tidak murah, karena semakin bagus spesifikasi laptop tersebut harganya pun akan semakin mahal. Maka itu, tidak bisa dipungkiri bahwa adanya penurunan harga dan promosi menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu bagi para gamers.

Lalu, kapan saat yang tepat untuk membeli laptop gaming?

iPrice menganalisa rataan harga historis tiga laptop gaming terpopuler sejak baru dirilis hingga 3 dan 6 bulan setelahnya, yaitu Lenovo Legion 5 Pro, Asus TUF Gaming, dan Acer Nitro 5. 

Hasilnya, Lenovo Legion 5 Pro dan ASUS TUF Gaming F15 masing-masing mengalami penurunan sebesar 28% dan 20% menjadi Rp27,06 juta dan Rp18,47 juta setelah 3 bulan dirilis.

Berbeda dengan kedua laptop gaming tersebut, Acer Nitro 5 yang baru dirilis bulan Agustus 2021 lalu mengalami peningkatan sebesar 1%. 

Peningkatan harga Acer Nitro 5 ini ternyata tidak berlangsung cukup lama karena pada bulan keenam justru terjadi penurunan harga hingga 24% menjadi Rp16,25 juta. Sedangkan Lenovo Legion 5 Pro dan ASUS TUF Gaming F15 kembali mengalami peningkatan harga masing-masing sebesar 6% dan 2% menjadi Rp28,78 juta dan Rp18,76 juta.

Tentu saja harga itu masih termasuk mahal. Namun, berdasarkan data dari iPrice, mereka memperkirakan setelah 12 bulan dirilis para gamers bisa mendapatkan laptop Acer Nitro 5, Lenovo Legion 5 Pro, dan ASUS TUF Gaming F15 dengan harga masing-masing sebesar Rp12,77 juta, Rp23,22 juta, dan Rp15,54 juta.  

Dengan kata lain, gamers bisa menghemat hingga Rp7,42 juta (32%) untuk membeli ASUS TUF Gaming F15 setelah 12 bulan, Rp8,30 juta (39%) untuk Acer Nitro 5, dan Rp14,57 juta (39%) untuk Lenovo Legion 5 Pro.

Nah, itulah perkiraan waktu yang tepat bagi kalian para gamers yang ingin membeli laptop gaming. Semoga informasi ini dapat membantu kalian dalam membeli laptop gaming. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT