09 June 2022, 21:20 WIB

eCentrix Raih ISO 27001 Untuk Dukung Keamanan Data Perusahaan


Siswantini Suryandari |

KEAMANAN dan kerahasiaan data pribadi maupun perusahaan menjadi tantangan di era digital ini. Sebab kerap kali terjadi kebocoran data yang membuat masyarakat dan perusahaan sangat dirugikan.

Untuk melindungi keamanan data serta mengendalikan risiko keamanan informasi pada  perusahaan, salah satu solusinya dengan sertifikasi ISO 27001. ISO 27001 merupakan standar manajemen untuk memberikan tata cara mengelola informasi dengan tujuan melindungi keamanan aset-aset informasi organisasi. Seperti informasi finansial, aset intelektual, data karyawan, termasuk data-data pihak ketiga yang dikelola oleh organisasi.

Senior Commercial Director BSI (British Standards Institution) Nolia Natalia menjelaskan secara internal, ISO 27001 dibutuhkan untuk melindungi organisasi dari ancaman keamanan dan gangguan aset informasi, dapat melindungi privasi dan integritas data atau informasi. Juga dapat menghindari kerugian finansial sebagai akibat gangguan keamanan informasi, dan dapat memberikan kultur baru kepada semua karyawan/organisasi terhadap kesadaran keamanan informasi.

BSI adalah lembaga yang menerbitkan standar teknis untuk berbagai produk dan layanan, melayani sertifikasi dan layanan standar untuk bisnis.

"Sementara untuk eksternal, ISO 27001 dibutuhkan untuk meningkatkan reputasi perusahaan, memberikan nilai persaingan lebih, serta mendukung program Pemerintah atau pihak ketiga dalam bidang keamanan data khususnya di dunia maya," kata Nolia kepada wartawan dalam acara penyerahan sertifikat ISO 27001 kepada Chief Executive Officer (CEO) eCentrix, Wayan Eka Nugraha di JS Luwansa Jakarta, Kamis (9/6).

Nolia menambahkan dengan adanya sertifikasi ISO 27001, perusahaan semakin dipercaya dan bisa meningkatkan penjualan produk-produk  perusahaan tersebut.

baca juga: Segera Sahkan RUU PDP untuk Antisipasi Kebocoran Data Pribadi

CEO eCentrix, Wayan Eka Nugraha mengatakan bahwa dengan diterimanya ISO 27001 ini, semua proses data dipantau dengan ketat, termasuk rekrutmen SDM pengelola data juga harus sesuai standar.

Direktur eCentrix, Agung Susanto menambahkan bahwa proses yang dibutuhkan eCentrix dalam mendapatkan sertifikasi ISO 27001 kurang lebih 1,5 tahun, dimulai awal 2020. Dengan tahapan proses mengundang konsultan, melakukan assessment, merancang action plan, eksekusi, audit internal, audit eksternal.

PT. Intelix Global Crossing yang memiliki brand eCentrix  merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan contact center sejak 21 tahun lalu. Perusahaan ini perlu menguatkan standar keamanan aset-aset perusahaan maupun pihak ketiga melalui sertifikasi ISO 27001. (N-1)

 

BERITA TERKAIT