23 May 2022, 17:00 WIB

Mengenal VGA pada Komputer, Fungsi, Komponen, dan Jenis-Jenisnya


Pierre Lavender |

VIDEO Graphics Array (VGA) merupakan standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, tetapi masih diimplementasikan pada Pocket PC.

Fungsi utama VGA Card yaitu mengubah sinyal digital dari sistem lalu mengubahnya menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA Card juga memiliki fungsi mengolah informasi grafis pada komputer seperti merender grafis 2D/3D dan decoding MPEG-2 atau MPEG4. Selain itu, VGA Card bisa menghubungkan komputer atau laptop ke TV atau beberapa monitor sekaligus. 

VGA Card terhubung langsung dengan processor (CPU) sehingga bisa mengambil data grafis dari CPU lalu memprosesnya agar bisa tampil lebih sempurna di layar. Laptop atau komputer yang tidak menggunakan VGA card cenderung memiliki tampilan layar yang kurang baik. Apalagi saat memutar adegan aksi berkecepatan tinggi dan grafis gim, layar tanpa VGA card akan terlihat blur dan sering patah-patah. Di sisi lain, jika laptop atau PC menggunakan VGA card, tampilan grafis di layarnya terlihat lebih sempurna.

VGA Card untuk PC terdiri dari papan sirkuit dengan berbagai macam komponen yang melekat padanya. Beberapa komponen tersebut yaitu:

1. GPU (graphics processing unit). Ini komponen utama yang bertugas menerjemahkan data dengan cepat dan memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer. Bisa dibilang GPU bekerja seperti CPU, tetapi hanya untuk menangani grafis.

2. Memori. Ini merupakan tempat tekstur dan informasi grafis disimpan. GPU mengambil sinyal data dari memori lalu memprosesnya kemudian mengirimnya ke RAMDAC agar bisa ditampilkan pada layar monitor. RAMDAC bertugas mengkonversi gambar digital menjadi sinyal analog agar gambar bisa ditayangkan di layar.

3. Heat sink. Ini merupakan sistem pendingin yang berfungsi menyebarkan panas dari GPU. Heat sink biasanya dilengkapi kipas untuk mendinginkan GPU sekaligus mengeluarkan panas keluar dari sistem. Selain heat sink, beberapa merek VGA card canggih menggunakan cairan pendingin untuk mendinginkan GPU.

Baca juga: Menjepret Lubang Hitam, ini Cara Kerja Superteleskop EHT

Secara umum, VGA Card dapat dibedakan menjadi dua jenis, antara lain:

1. VGA on board. Sesuai dengan namanya, VGA card ini tertanam langsung pada motherboard. Hal ini menyebabkan VGA card tidak bisa diganti atau upgrade. VGA on board biasanya digunakan pada laptop karena komponen GPU dan memori diletakkan bersamaan dengan CPU untuk menghemat banyak tempat. Bagus atau tidaknya grafis pada laptop ditentukan oleh dipakai atau tidak GPU di dalam laptop. Jika laptop hanya mengandalkan grafis pada processor, performa grafisnya standar. Sebaliknya jika ada GPU tambahan, performa grafisnya akan luar biasa.

2. VGA card. PC atau desktop biasanya menggunakan VGA card yang terpisah dari motherboard. Hal ini membuat VGA card pada dekstop lebih mudah diganti atau di-upgrade sesuai kebutuhan. Komponen VGA card pada desktop terdiri dari GPU, Memory, dan kipas pendingin yang dijadikan satu pada satu papan sirkuit. (OL-14)

BERITA TERKAIT