19 May 2022, 21:00 WIB

Peruri Gandeng eMET Aplikasi Penyedia Bundling e-Meterai


Mediaindonesia.com | Teknologi

PANDEMI covid-19 turut mengakselerasi penggunaan teknologi digital dan mengubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi dan menjalankan kegiatan ekonomi di keseharian. Munculnya teknologi digital yang semakin lama menjadi penting sehingga memunculkan kebutuhan baru. Tidak hanya bagi pemerintah yang mengeluarkan kebijakan, tetapi juga pihak lain dapat bersinergi membangun platform digital baru guna memberikan ekosistem pendukung bagi khalayak luas.

Itu tampak pada perkembangan penggunaan tanda tangan dan meterai elektronik sebagai dokumen elektronik yang kini menjadi salah satu kebutuhan dan wujud nyata transformasi digital bagi para pelaku bisnis dan masyarakat di Tanah Air. Ke depan, penggunaan e-meterai diterapkan di berbagai transaksi elektronik masyarakat yang masuk dalam kategori transaksi yang dikenakan bea meterai. 

Melihat kebutuhan tersebut, PT Mitra Era Teknologi berkolaborasi dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dalam acara Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 yang dilangsungkan di Surakarta, Jawa Tengah, secara resmi memperkenalkan aplikasi penyedia jasa tanda tangan dan e-meterai elektronik (eMET) dan Momofin (credential aggregation platform) yang bertujuan mempercepat proses digitalisasi.

"Layanan eMET menawarkan kemudahan pembubuhan tanda tangan dan meterai elektronik dengan sistem autentikasi berlapis untuk memastikan pihak pembubuh e-meterai dan e-signature dilakukan oleh pihak yang benar dan tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Bekerja sama dengan Peruri, seluruh surat berharga dan dokumen digital yang dibubuhi menjadi sah secara hukum dan nirsangkal. Cukup satu aplikasi untuk manajemen semua dokumen kontrak atau surat penting dalam format digital Anda," ujar Pranowo Sukantyoso Putro, Chief Operating Officer eMET.

Meterai elektronik atau e-meterai merupakan salah satu jenis meterai yang dibuat dengan menggunakan format elektronik dan punya ciri khusus yang mengandung unsur pengamanan yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Ini dapat dipakai atau dipergunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik yang telah terhubung dengan sistem elektronik.

Melalui aplikasi eMET, dokumen digital disahkan dengan menggunakan meterai elektronik dan tanda tangan elektronik resmi dari Peruri. Aplikasi ini juga telah menyematkan teknologi keamanan pendukung e-meterai digital signature X.509 SHA 512 yang menggunakan tiga fitur keamanan tambahan. Fitur Overt membuat 70% desain e-meterai elektronik menjadi barcode unik yang berbeda pada setiap meterai. Konsumen dapat menandatangani sendiri dokumen digital atau meminta pihak lain untuk menyetujui dokumen yang sama. 

Fitur Covert membuat Peruri seal hanya dapat dibaca dengan scanner atau aplikasi khusus dan signature panel yang dapat dilihat menggunakan aplikasi pdf adobe acrobat reader. Dengan eMET, konsumen dapat memegang kendali penuh pada dokumen digital. Simpan di cloud, unduh kapan pun, atau bagikan dokumen melalui beragam aplikasi lain.

Fitur selanjutnya pembuktian forensik oleh Peruri. Dalam melakukan distribusi meterai elektronik atau e-meterai tersedia melalui portal e-meterai yang dapat menghubungkan individu dengan memesan secara langsung dan mempermudah perusahaan dalam melakukan pembelian maupun pembubuhan secara langsung.

Aplikasi eMET menggunakan sistem otentikasi berlapis untuk memastikan pihak pembubuh e-meterai dan e-signature dilakukan oleh pihak yang benar dan tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Sebagai informasi, aplikasi eMET saat ini sudah tersedia di platform Android, dan bisa diunduh di laman website https://emet.id. Bagi yang pertama mendaftar di platform tersebut, akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan free digital sertificate dan tanda tangan digital.

"Kecepatan, kemudahan, dan keamanan merupakan tiga pilar penting dalam mengembangkan eMET. Di Momofin, kami sangat bergairah dalam mengelola perusahaan digital. Kami berhasil mengangkat banyak ide menjadi bisnis digital yang lebih besar dan berkelanjutan. Bersama eMET ke depan, kami sangat siap untuk melakukan lompatan raksasa dalam meningkatkan ekosistem digital di Indonesia," tutup Saga Iqranegara, VP Product eMET. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT