22 April 2022, 23:10 WIB

Digibar Luncurkan Game Streamer Network, Peluang dari Live Streaming


mediaindonesia.com |

SALAH satu anak perusahaan Techad Group, Digibar, menghadirkan produk periklanan baru bernama Game Streamer Network (GSN) yang menawarkan spot iklan kepada pemasang iklan pada saat gamer melakukan siaran langsung di kanal media sosial mereka. Digibar telah bekerja sama dengan lebih dari 50 streamers - pro players dengan top 3 games di Indonesia yaitu Mobile Legend, PUBGM, dan Free Fire.

Saat ini, jumlah pengguna gim di Indonesia sangat besar dengan loyalitas dan militansi yang tinggi. Militansi di sini diartikan mereka rela merogoh kocek untuk belanja token dan mengunduh gim, bahkan menonton live streaming dari para gamer papan atas idola mereka.

Berdasarkan allcorrectgames.com, jumlah gamer di Indonesia mencapai angka 116 juta dengan 114 juta di antaranya merupakan mobile gamer. Disebutkan pula bahwa di akhir 2021 Indonesia berada di peringkat 2 dalam jumlah pengunduh aplikasi mobile game yang mana angka ini naik sebesar 26% dari periode sebelumnya.

Dari data cekindo.com, time spend di gim kurang lebih 8,54 jam per minggu, dengan market size US$1,6 miliar, dan average revenue per user (ARPU) di angka US$10,09.

"Adanya Game Steamer Network (GSN) diharapkan menjadi alternatif media untuk brand atau advertiser untuk beriklan secara efektif dan menghasilkan engagement secara langsung dengan audiensnya dalam jumlah yang masif jika dibandingkan dengan platform lainnya. Selain itu, budget spending yang dikeluarkan akan lebih efisien," ulas Head of Sales Digibar, Elisabeth Hutagalung, dalam keterangannya, Jumat (22/4).

Elisabeth menambahkan, maraknya pemain gim profesional saat ini membuat rutinitas melakukan live streaming di kanal media sosial mereka, melakukan main bareng (mabar), dan menarik jumlah penonton yang banyak.
 
Hal ini senada dengan pendapat Product Development Digibar, Angelica 'Smoothie' Astagiri, yang juga mantan pro player divisi PUBGM Ladies WAW E-Sport. "Dunia streaming ini sangat banyak penonton dan peminat fanatiknya. Sayangnya, para brand masih belum mengerti dan memahami potensi yang bisa didapatkan dari GSN ini," katanya.
 
Berdasarkan studi kasus beberapa brand yang sudah menggunakan kanal media yang powerfull ini, engagement rate yang sudah didapatkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan media lain dan time spend penonton jauh lebih banyak daripada mereka yang menonton video atau live streaming lainnya.


Baca juga: Makin Enak Nonton Video Streaming dan Main Gim Konsol, Ini Spesifikasi Samsung Neo QLED 8K 2022


"Brand bisa memilih gamer dan gim apa yang ingin dimainkan, dengan mempertimbangkan jumlah follower si gamer, popularitas si gamer ataupun relevansi gamer dan pengikutnya dengan produk yang brand miliki," tambah Angelica.
 
Brand juga bisa memilih kanal media sosial untuk mereka melakukan live streaming. Namun perlu diketahui bahwa beberapa gamer terikat kontrak dengan kanal media sosial tertentu untuk melakukan live streaming hanya di kanal tersebut. Contoh, beberapa gamer terikat kontrak dengan Facebook untuk melakukan live streaming gim hanya di kanal tersebut.

Adapun bentuk iklan bisa berupa superimpose, bumper in-out, built in, adlib, bahkan TVC. Karena selama masa tayang live hanya iklan satu brand yang dimunculkan, maka akan terkesan bahwa brand tersebut merupakan sponsor utama dari kegiatan live streaming bagi para gamer.
Acara live streaming berlangsung sekitar hampir 2 jam. Dan jadwal akan menyesuaikan jadwal gamer melakukan live streaming atau melalui kesepakatan.

Gaming merupakan salah satu hobi yang sudah masuk ke gaya hidup anak muda, sehingga memiliki audiens yang cukup besar, beberapa keuntungan bagi pemasang iklan antara lain: selama durasi live streaming, full exposure iklan hanya dikhususkan untuk satu brand, Game Streaming Live merupakan salah satu event live digital yang menarik banyak penonton.

"Dalam satu paket tayangan bisa menggunakan berbagai macam kreativitas iklan, bisa terjadi interaksi langsung dengan penonton pada saat gim berlangsung. Contohnya brand bisa mengadakan kuis ataupun gimmik lain, video tersebut akan tetap ada di kanal media sosial si gamer dan tetap bisa menarik penonton baik yang baru maupun yang ingin menonton lagi, selama masa tayang live bisa dilakukan penawaran promosi bahkan penjualan secara langsung, biaya yang dikeluarkan oleh brand relatif lebih murah dengan benefit yang besar dan mendapatkan engagement rate yang tinggi," terang Elisabeth.
 
Dengan keuntungan yang disebutkan di atas, GSN diharapkan bisa menjadi media alternatif bagi brand untuk memasang iklan di dunia digital. (RO/S-2)

 

BERITA TERKAIT