03 April 2022, 11:48 WIB

Microsoft Perkuat Ekosistem Teknologi dengan Platform Microsoft Learn


mediaindonesia.com |

MICROSOFT menegaskan komitmennya untuk terus berdayakan ekonomi digital Indonesia dengan meluncurkan serangkaian platform dan program lokal yang memungkinkan seluruh masyarakat Indonesia.

Masyarakatnya yang meliputi baik itu individuatau komunitas, pelajar atau profesional, startup atau enterprise, institusi pemerintah atau pendidikan.

Tujuannnya untuk mengasah keterampilan digital, menciptakan inovasi berbasis teknologi, mematangkan ide, dan memperluas network di mana pun mereka berada.

Platform dan program tersebut antara lain meliputi tersedianya platform belajar Microsoft Learn dan portal inovasi Azure dalam bahasa Indonesia, serta hadirnya platform Microsoft for Startups Founders Hub bagi pemilik startup atau ide startup di Indonesia.

Baca juga: Kini Bisa Lakukan Trading Margin Token Coinweb di Kucoin

Adapun komitmen ini diresmikan dalam acara “Dev//Verse: Empowering Developer Universe”, sebuah konferensi virtual yang mengundang seluruh pegiat teknologi Indonesia untuk mengenal lebih dekat berbagai platform developer terkini, mempelajari kisah kolaborasi sukses antara pelaku industri dan talenta digital, mengasah keterampilan dengan skill digital terbaru, serta mengeksplor pengembangan usaha atau peluang kerja baru.

Dalam keterangan pers yang diterima Minggu (3/4), Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan,“Sejalan dengan tujuan Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, kolaborasi dan dukungan dari berbagai stakeholders pembangunan memainkan peranan penting."

"Adanya acara seperti Dev//Verse yang bertujuan untuk memberdayakan talenta digital, khususnya para developer dan ekosistemnya, saya harap dapat semakin mendekatkan kita pada tujuan tersebut," katanya.

"Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sendiri mengapresiasiinisiatif Microsoft Indonesia untuk menyelenggarakan acara ini, di mana kami juga ikut berpartisipasi dengan menyelenggarakan Cloud Skills Challenge bagi warga Jawa Barat," ucap Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

"Mari, kita kawal pembangunan talenta digital yang lebih akseleratif lagi. Tidak hanya bagi Jawa Barat atau Indonesia, tetapi juga bagi dunia,” tamabahnya.

Dev//Verse menghadirkan empat topik utama, yaitu teknologi immersive yang telah menjadi gelombang inovasi baru di Indonesia, digital native dan sustainability untuk mendukung pertumbuhan startup (seperti melalui Microsoft for Startups Founders Hub) dan pencapaian komitmen netralitas karbon Indonesia pada tahun 2060.

Selain itu, end-to-end developer tools untuk membangun aplikasi impian secara aman dan inklusif seperti melalui portal inovasi Azure bahasa Indonesia, serta masa depan talenta digital yang diperkuat melalui peluncuran Microsoft Learn bahasa Indonesia.

“Sebagaimana disampaikan dalam Roadmap Digital Indonesia 2021-2024, terdapat empat sektor strategis yang memerlukan percepatan transformasi, yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.Hal ini menunjukkan bagaimana pemberdayaan talenta digital dan eksosistem teknologi di sekitarnya sangat diperlukan," kata Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

"Karena itu, Microsoft terus memperluas komitmen kami bagi Indonesia dengan melokalisasi platform belajar Microsoft Learn dan portal inovasi Azure, serta memperkenalkan platform khusus untuk startup Microsoft for Startups Founders Hub di Indonesia," jelasnya.

"Semua ini kami lakukan agar dapat mendampingi Indonesia di setiap langkah dan proses transformasi digital dalam negeri; memberdayakan sebanyak mungkin individu dan organisasi untuk ikut mengambil bagian dalam perjalanan ini,” tutur Dharma.

Microsoft Learn adalah sebuah platform pembelajarandaring yang menghadirkan ribuan materi informasi teknologi secara gratis.

Sebanyak 396 jalur belajar dan 1.536 modulkini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia, dengan mengangkat topik-topikpenting seperti cloud, data dan AI, serta keamanan siber.

Adanya materi yang dilokalisasi ini diharap dapat mendukung pemenuhankebutuhan Indonesia akan sembilan juta talenta digital hingga 2035 mendatang. Jumlah materi yang dilokalisasi pun akan terus diperbanyak agar dapat semakin mendukung pemberdayaan talenta digital nasional.

Secara khusus untuk topik cloud Azure, seluruh jalur belajar dan modulkini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Sementara itu,portal inovasi Azure yang kini juga telah tersedia dalam bahasa Indonesia, adalah sebuah portal yang memungkinkan developer dan talenta digital untuk membangun inovasi mereka di platform cloud Microsoft Azure.

Diperkuat oleh Artificial Intelligence dan didukung dengan tingkat kepatuhan serta keamanan yang tinggi, lokalisasi portal ini diharapkan dapat memudahkan proses inovasi developer dan talenta digital Indonesia, sehingga mampu mempercepat transformasi digital industri serta negara secara inklusif. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT