28 March 2022, 14:16 WIB

Penuhi Industri 4.0, Cognex Luncurkan Code Reader DataMan 280 


mediaindonesia.com | Teknologi

COGNEX telah menjadi pemimpin dunia dalam industri machine vision (visi mesin) selama lebih dari 40 tahun. Saat ini, Cognex baru saja memperkenalkan fixed-mount barcode readers (pembaca kode posisi Tetap) dalam bentuk DataMan 280.

Seri ini dirancang untuk menyelesaikan permasalahan dalam berbagai aplikasi ID, seperti 1D, 2D, dan aplikasi kode Direct Part Mark (DPM) di bidang manufaktur dan logistik.

Seri DataMan 280 ini telah diluncurkan di pasar global, termasuk salah satunya di perusahaan manufaktur Asia yang semakin digital dalam operasional dan melayani pelanggan. 

“Cognex telah menjadi spesialis dalam pemecah barcode yang sulit dibaca dengan kecepatan dan akurasi yang tinggi,” kata Carl Gerst, Presiden Eksekutif Produk dan Platform Cognex dalam keterangan pers, Senin (28/3).

“Dengan mengoptimalkan algoritma decoding terbaru, seri DataMan 280 ini telah mengkombinasikan teknologi terbaru dari platform ID premium Cognex, untuk dapat menjadi wadah yang ringkas dan hemat biaya,” jelanya.

Baca juga: Microsoft akan Tutup Internet Explorer, Pertengahan Tahun Ini

Untuk memenuhi kebutuhan industri manufaktur saat ini, Cognex mengkombinasikan seri DataMan 280 dengan Cognex Edge Intelligence (EI) untuk menyediakan fitur industri 4.0 yang terbaru, seperti konektivitas browser web yang mudah, manajemen perangkat, pemantauan kinerja, dan penampilan gambar yang cepat.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasikannya ke beberapa perangkat secara bersamaan dan memulai “trending important system performance metrics” dalam hitungan menit.

Seri DataMan 280 ini dilengkapi dengan sensor resolusi tinggi yang dikombinasikan dengan sistem pembentukan gambar yang dinamis, teknologi pencitraan HDR, dan liquid lens yang berkecepatan tinggi untuk meningkatkan penanganan dan cakupan kode secara akurat.

Teknologi ini, beserta dengan adanya pilihan konektivitas untuk kebutuhan industri manufaktur 4.0 saat ini, memungkinkan pengguna untuk mampu membaca barcode yang kompleks secara akurat dan bersamaan dengan meningkatkan efektivitas ke seluruhan perangkat.

Selain itu. dapat meningkatkan produktivitas di berbagai industri, seperti industri logistik, makanan dan minuman, produk konsumen, kemasan, otomotif, perangkat medis, dan elektronik. 

Seri DataMan 280 juga memiliki opsi konfigurasi modular, lurus, dan siku-siku, serta berbagai macam konfigurasi bidang lampu dan lensa.

Dataman ini mampu menyelesaikan tantangan dalam pembacaan barcode di berbagai kondisi dan permukaan.

DataMan 280 ini sangat ideal untuk membaca kode pada suku cadang otomotif dan perangkat medis, botol dan paket, palet, dan presentation scanning. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT