30 January 2022, 21:40 WIB

Inovasi Digitalisasi Industri Kemaritiman. PT BSML Terapkan ERP


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

PT Bintang Samudera Mandiri Lines (BSML) menjalin kerja sama dengan PT Pelaut Naavee Indonesia (Naavee) dalam implementasi system enterprise resource planning (ERP) berbasis data processing. 

Penerapan ERP pada operasional bisnis BSML dibuat khusus untuk mendukung manajemen yang lebih terpadu sehingga terciptanya data yang terintegrasi, transparan dan terstruktur. Aplikasi ERP dari brand HAF itu dibuat khusus untuk mendukung perusahaan pelayaran di Indonesia untuk memberikan dukungan bisnis kemaritiman yang lebih digitalisasi. 

Dirut PT. BSML David Desanan Anan Winowod mengatakan, sistem yang digunakan sangat cocok dengan pengemasan bisnis pelayaran dan karakteristik kemaritiman di Indonesia.

"Dengan adanya digitalisasi keputusan-keputusan strategy dari management bisa membuat perusahaan semakin berkembang, analisa data dengan cepat dan keputusan lebih tepat dapat dilakukan oleh kami,” ujarnya dalam pernyataan tertulis. 

Baca juga : Keyboard Mechanical Minimalis Pas untuk Para Gamers

Sebelum terjalinnya Kerja sama dengan Naave, BSML secara resmi telah menambah jumlah armada dalam kegiatan operasionalnya. Banyaknya permintaan pengangkutan volume pasokan, meyakinkan BSML untuk terus berinovasi dalam memperkuat pelayanan serta mensinergikan dengan tren market, yakni modul digitalisasi.

Dari momen Kerja sama ini, BSML Tbk berharap implementasi penerapan aplikasi ERP merupakan langkah tepat dalam menerapkan system digitalisasi dalam kegiatan bisnis di dunia kemaritiman. ERP HAF dapat menunjang informasi untuk menunjang setiap aspek pada perusahaan, seperti aspek operasional, keuangan, aspek taktis bahkan strategis.

Komitmen transformasi digital ini menghadirkan sejumlah inovasi digital untuk memudahkan kegiatan bisnis PT BSML Beberapa modul HAF yang diterapkan oleh PT BSML meliputi Commercial, Operation, Budget Plan, Finance, Accounting, Purchasing, Live Tracking & Consumption.

Inovasi digitalisasi dengan implementasi ERP ini tentunya akan memberikan sejumlah manfaat untuk mengembangkan berbagai elemen bisnis PT BSML untuk menjadi mitra yang potensial. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT