08 December 2021, 12:30 WIB

Ini Cara Ganti No Whatsapp/WA agar Kontak Tetap Bisa Dihubungi


Abdullah Aziz Rajudin | Teknologi

SAAT hendak mengganti nomor WhatsApp, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah riwayat percakapan yang ada di nomor lama. Biasanya, ketika mengganti nomor WhatsApp, riwayat tersebut akan ikut terhapus.

Namun, sebelum mengganti nomor WhatsApp, pastikan kontak Anda menghapus nomor lama Anda. Mengapa? Sebab, operator seluler lazim melakukan daur ulang nomor sehingga nomor lama Anda berpotensi menjadi milik orang lain ketika sudah tidak digunakan. 

Nah, agar tidak kehilangan data percakapan, WhatsApp sebenarnya mengizinkan para penggunanya mengganti nomor ponsel yang telah terintegrasi dengan yang baru tanpa menghapus data pengguna. Dengan begitu, pengguna akan tetap terhubung dengan para teman dan keluarga, meski nomor WhatsApp-nya baru.

Baca juga: Ini Cara Menonaktifkan Whatsapp untuk Sementara

Fitur ganti nomor memungkinkan Anda untuk mengganti nomor telepon yang diasosiasikan dengan akun WhatsApp Anda. Fitur ini dapat digunakan baik jika Anda menggunakan telepon yang sama ataupun berganti ke telepon yang baru. 

Jadi, sebelum Anda mengganti nomor:

  1. Pastikan bahwa nomor baru Anda dapat menerima SMS atau panggilan dan memiliki koneksi seluler yang aktif.
  2. Pastikan bahwa nomor lama Anda saat ini terdaftar di WhatsApp. Anda dapat mengetahui nomor telepon yang terdaftar dengan membuka WhatsApp, lalu 
  3. Mengetuk Opsi lainnya > Setelan > ketuk foto profil.
  4. Mengganti nomor pada telepon yang sama
  5. Jika Anda mengganti nomor dan tetap menggunakan telepon yang sama, terlebih dahulu masukkan kartu SIM dengan nomor yang baru ke telepon Anda. Kemudian:
  6. Buka WhatsApp.
  7. Ketuk Opsi lainnya > Setelan > Akun > Ganti nomor > LANJUT.
  8. Masukkan nomor telepon lama di bidang pertama dan nomor telepon baru di bidang kedua. Harap pastikan bahwa nomor lama dan nomor baru dalam format internasional lengkap.
  9. Ketuk LANJUT. Jika Anda menyalakan Beri tahu kontak, Anda dapat memilih apakah Anda ingin memberitahukan Semua kontak, Kontak yang berada di daftar chat saya, atau Khusus.... Jika Anda memilih Khusus..., Anda perlu mencari atau memilih kontak yang ingin diberi tahu, lalu mengetuk tanda centang. Chat grup Anda akan diberi tahu ketika Anda mengganti nomor telepon, terlepas dari pilihan Anda untuk memberi tahu kontak.
  10. Ketuk SELESAI.
  11. Anda akan diminta untuk mendaftarkan nomor telepon baru.

Mengganti nomor pada telepon baru

Jika ingin mentransfer riwayat chat, Anda perlu membuat cadangan Google Drive pada telepon yang lama. Jika tidak membuat cadangan menggunakan Google Drive, Anda perlu mentransfer cadangan secara manual. 

Setelah mengganti nomor Anda pada telepon yang lama:

  • Pasang WhatsApp pada telepon baru.
  • Daftarkan nomor telepon yang baru.
  • Pulihkan cadangan. (OL-1)
BERITA TERKAIT