30 November 2021, 23:22 WIB

Platform E-Commerce Ikut Kontribusi Kebangkitan UMKM di Masa Pandemi 


Ghani Nurcahyadi |

PANDEMI Covid-19 membuat pola belanja masyarakat berubah dari sebelumnya lebih sering mengunjungi toko fisik, kini makin sering untuk berbelanja melalui saluran penjualan daring, misalnya lewat platform perdagangan elektronik (e-commerce). 

Hal itu turut mendukung kebangkitan UMKM di masa pandemi. UMKM yang bergabung dengan e-commerce, ikut merasakan lonjakan permintaan secara daring. terlebih di momen-momen promo platform e-commerce. Contohnya PT Plus One Group Indonesia yang menjajakan peralatan rumah tangga, seperti alat pengolahan makanan dan minuman, peralatan makan, masak dan wadah untuk keperluan dapur. Ada pula peralatan pembersih yang dioperasikan secara manual. 

CEO Plus One Indonesia, Cao ChunAn menyatakan, saat ini penjualan produknya sangat didukung oleh Shopee. Pada satu tahun terakhir, Plus One Indonesia telah mempublikasi 69 produk di beranda Shopee. Hingga kini telah memiliki pengikut toko online sebanyak lebih dari 25 ribu. 

Toko online pada Shopee yang dikenal dengan nama Plus One Official Shop ini juga membuka jam operasional setiap hari. Cao mengungkap, barang-barang Plus One Indonesia yang dijual di Shopee sangat dijamin kualitasnya. Bahkan pihaknya berani memberikan 3 macam garansi. 

Baca juga : Jamin Keamanan Aset Kripto, Litedex Protocol Lakukan Mitigasi Sejak Dini 

“Kami berikan garansi tujuh hari refund atau garansi 15 hari gratis tukar barang. Bahkan kami juga memberikan garansi 10 tahun perbaikan,” paparnya. 

Perlengkapan unggulan yang bisa dipesan antara lain, rak gantungan baju serbaguna, alat pel spons dengan teknologi modern, rak pisau serbaguna, dan tempat telur susun antijatuh. Performa chat di aplikasi Shopee ternilai 100% yang membuat Plus One Indonesia mempunyai pelanggan setia. 

“Tak hanya menyediakan garansi, tapi konsumen juga akan mendapatkan barang berkualitas impor yang telah diproduksi professional,” pungkas Cao. (OL-7)

BERITA TERKAIT