22 November 2021, 18:18 WIB

Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Vivo Y19


mediaindonesia.com | Teknologi

MESKIPUN dirilis pada November 2019, hingga kini Vivo Y19 masih cukup digandrungi masyarakat. Harganya yang terjangkau dan fiturnya yang mumpuni jadi salah satu alasan ponsel tersebut memiliki banyak peminat.

Ketika diluncurkan, Vivo Y19 ini dibanderol dengan harga Rp3 jutaan. Setelah dua tahun berlalu, harga Vivo Y19 pun tidak turun drastis. Di Blibli.com Anda bisa mendapatkan ponsel tersebut mulai dari Rp2 jutaan saja.

Walaupun harganya relatif terjangkau, tapi banyak orang telah membuktikan spesifikasi unggulan dari ponsel pintar ini. Apakah Anda salah satu yang tertarik untuk memiliki Vivo Y19? Jika ya, sebelum membeli sebaiknya pelajari dulu spesifikasi, kelebihan dan kekurangan ponsel tersebut agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Spesifikasi Vivo Y19
Vivo Y19 telah dibekali dengan chipset Helio P65 dan didukung dengan RAM 6 GB serta GPU Mali-G52. Ini bisa jadi ponsel yang mumpuni bagi para gamers.

Selain itu, layarnya pun berukuran 6,53 inci dengan resolusi full HD+ yang akan memberikan kenyamanan untuk mata meskipun berlama-lama berselancar di media sosial.

Selain itu, Vivo Y19 juga memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh dengan fitur fast charging 15W. Pada fitur kamera, Vivo Y19 memiliki tiga kamera belakang dengan kamera utama 16 MP, wide camera 8 MP, dan kamera makro 2 MP, serta kamera depan 16 MP.

Kelebihan Vivo Y19
Ada sejumlah kelebihan yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih Vivo Y19 sebagai ponsel pilihan. Apa saja kelebihan Vivo Y19? Berikut ulasannya.
1. Baterai Tahan Lama
Seperti yang dijelaskan dalam spesifikasi produk, Vivo Y19 memiliki kapasitas baterai yang besar yakni 5.000 mAh. Daya tahan baterai ini cukup bahkan bisa bertahan lebih dari seharian. Bahkan diketahui bahwa baterai ponsel Vivo Y19 bisa bertahan hingga 2 hari dengan pemakaian internet, sosial media, dan game online.

2. Fast Charging
Kehabisan baterai? Jangan panik! Karena Vivo Y19 telah dilengkapi dengan fitur fast charging yang hanya membutuhkan waktu maksimal 2 jam agar baterai terisi penuh.

3. Desain Menarik
Warna dan desain ponsel tak dipungkiri menjadi salah satu alasan konsumen mempertimbangkan untuk membeli ponsel. Vivo Y19 memiliki desain yang modern, lebih tipis, ringan, sehingga pengalaman menggenggam ponsel Anda lebih nyaman dan baik.

4. Kamera Resolusi Tinggi
Vivo Y19 juga dibekali dengan kamera belakang triple AI yang beresolusi tinggi yakni 16MP dengan bukaan f/1.8 dan fitur PDAF, kamera kedua 8 MP dengan bukaan f/2.2, dan kamera ketiga untuk efek bokeh 2 MP.

5. Layar Full HD
Untuk menunjang kenyamanan mata Anda dalam bermain ponsel, Vivo Y19 telah dibekali dengan layar full HD sehingga warna yang ditampilkan lebih jernih dan nyaman dilihat berlama-lama. Selain itu, layar Vivo Y19 juga memiliki dimensi 6,53 inci sehingga lebih luas.

6. Memori dan Penyimpanan Besar
Seperti yang diketahui, Vivo y19 memiliki memori dan penyimpanan yang lumayan besar yakni memori internal 128 GB dan RAM 6 GM. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuka sejumlah aplikasi sekaligus tanpa macet.

7. Fitur Funtouch OS
Ponsel ini telah dilengkapi dengan fitur  Funtouch OS 9.2 berbasis Android 9 Pie yang memiliki berbagai fitur menarik. Satu di antaranya ialah mode untuk anak, sehingga memungkinkan si kecil bermain ponsel dengan aman dan hanya mengaktifkan aplikasi-aplikasi tertentu saja.

Selain itu, Funtouch ini juga dilengkapi dengan fitur bermain game yakni Ultra Game Mode yang membuat pengalaman bermain game di ponsel Anda lebih seru dan menyenangkan. Tak hanya itu, fitur tersebut juga akan mengubah suara Anda menjadi suara-suara tertentu saat bermain game.

Kekurangan Vivo Y19
Meskipun Vivo Y19 memiliki segudang keunggulan yang tentunya menguntungkan penggunanya, ia juga memiliki beberapa kekurangan yang penting untuk diperhatikan.

Berikut penjelasannya.
1. Resolusi Kamera Selfie Rendah
Pada kamera depan, Vivo Y19 memiliki resolusi 16 MP, namun tidak mendukung fitur LED flash. Meskipun hasilnya tergolong bagus, tapi fitur ini dinilai menurun dibandingkan Vivo Y17 yang kamera selfienya mencapai 20 MP. Namun demikian, hasil fotonya masih bagus dan bukan jadi kekurangan yang signifikan.

2. Speaker Kurang Kencang
Kekurangan lainnya ialah speaker Vivo Y19 dirasa kurang kencang alias cempreng bahkan tidak mengalami peningkatan dari series Vivo Y17 sehingga kualitas suara yang dihasilkan kurang maksimal.

3. Performa Chipset yang Meragukan
Chipset tentu jadi pengaruh yang penting untuk performa sebuah ponsel. Vivo Y19 memiliki chipset Mediatek MT6768 Helio P65 yang sebenarnya cukup untuk bersaing dengan kompetitor lainnya. Namun, sayangnya Mediatek dirasa kurang populer di Indonesia sehingga menimbulkan banyak keraguan untuk para pecinta smartphone.

4. Port Charging Belum USB Type-C
Seperti yang diketahui, ponsel terbaru kini banyak yang sudah menggunakan USB type-C untuk memudahkan pengisian daya baterai. Namun, pada Vivo Y19, hal ini belum ada. Sehingga sedikit menyulitkan pengguna karena harus membawa charger Vivo Y19 ke mana-mana.

5. Terbuat dari Plastik
Walaupun desainnya modern, tapi body Vivo Y19 terbuat dari plastik yang mana kurang kuat dibandingkan kompetitor ponsel lainnya. Selain itu, bagian belakang Vivo Y19 berasal dari material polycarbonate sehingga cukup ringkih dibandingkan ponsel dengan Corning Gorilla Glas.

Itulah spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Vivo Y19 yang dapat Anda jadikan acuan atau referensi dalam membeli smartphone.

Anda bisa membeli Vivo Y19 di Blibli.com sebagai salah satu e-commerce terpercaya, aman, dan memiliki banyak pilihan harga sesuai dengan kantong Anda.

Nah, kira-kira Vivo Y19 apakah sudah memenuhi kebutuhan ponsel pintar Anda sehari-hari? (OL-10)

BERITA TERKAIT