20 November 2021, 11:05 WIB

Synnex Metrodata Kembali Gelar Build Your Gaming Empire


Siswantini Suryandari | Teknologi

PT Synnex Metrodata Indonesia, salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk yang fokus pada distribusi produk dan solusi teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) kembali menyelenggarakan Build Your Gaming Empire 2021 (BYGE 2021). Gelaran yang berlangsung dari 20 November hingga 12 Desember 2021, terdiri dari dua agenda menarik yaitu ekshibisi produk-produk mutakhir secara virtual dan turnamen esports yang melibatkan tim-tim esports papan atas Indonesia.

Ekshibisi virtual BYGE2021 menggunakan Nexworld°, platform 3D yang dikembangkan oleh SMI . Penggunaan platform Nexworld° akan memudahkan masyarakat luas ketika ingin menjelajahi arena ekshibisi untuk mengetahui detil produk-produk beserta teknologi terunggul yang ditawarkan.

Cukup dengan mengakses https://byge.synnexmetrodata.com/ masyarakat dapat memasuki arena eksibisi untuk melihat dan melakukan pembelian produk-produk dari peripheral hingga laptop gaming di stan virtual brand atau vendor terkemuka, seperti Acer, APC, Asus, AOC, Dell, HP, Infinix, Inno3D, Kingston Fury, Logitech, MSI, Razer, Team Tforce, dan Viewsonic.

Turnamen esports lainnya yang juga digelar dalam BYGE ini yaitu dua turnamen Valorant dan Mobile Legend: Bang Bang (MLBB).

Pada nomor pertandingan Valorant, SMI membuka tantangan bagi masyarakat untuk ikut berkompetisi di babak kualikasi yang pemenangnya akan diundang bertanding melawan tim-tim esports profesional papan atas Indonesia: Boom Esports, Alter Ego Valorant dan Morph Team.

Peserta yang berminat mengikuti babak kualifikasi kategori Valorant ini dapat mendaftar dengan mengakses bit.ly/BYGEVALORANT. Sedangkan untuk kategori MLBB, peminat esports dapat menyaksikan keseruan atlet-atlet esports perempuan di turnamen invitasional yang mempertemukan tim-tim MLBB Ladies terkemuka, GPX Ladies, Alter Ego Nyx, RRQ Mika, dan Belletron Era.

Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia Agus Honggo Widodo mengatakan industri esports dan ekonomi kreatif berbasis digital merupakan industri dengan potensi ekonomi yang sangat besar.

"Ini  membutuhkan dukungan optimal penuh komitmen dari seluruh ekosistem. BYGE 2021 adalah bentuk keseriusan kami untuk turut memacu  perkembangan dan kemajuan industri esports dan ekonomi kreatif tanah air melalui suguhan teknologi-teknologi termutakhir dan turnamen esports yang inspiratif," kata Agus Honggo Widodo secara virtual, Jumat (19/11).

Ronaldy Suhendra, Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia menambahkan bahwa teknologi yang dihadirkan melalui ekshibisi BYGE 2021 merupakan teknologi yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan, potensi, serta tren industri gaming dan ekonomi kreatif nasional yang terus menunjukkan peningkatan. "Indonesia sendiri merupakan negara Asia Tenggara yang memiliki pasar game potensial,' kata Ronaldy.

Ia menambahkan perusahaannya telah berpengalaman selama 40 tahun sebagai penyedia produk dan solusi teknologi informasi dan komunikasi, bertekad mendukung solusi-solusi andal di industri kreatif maupun industri gaming di Indonesia.

"Melalui produk-produk berteknologi mutakhir, terjamin 100% keasliannya, perlengkapan & peralatan game terbaik, dan distributor portofolio produk gaming terbesar. Serta aktivitas-aktivitas yang ditujukan guna mendukung pengembangan talenta-talenta potensial. Kami berharap ekosistem esports dan ekonomi kreatif lokal berbasis teknologi digital akan menjadi pemenang baik di negeri sendiri maupun di tingkat global," kata Ronaldy.

Penyelenggaran BYGE 2021 mendapatkan sambutan positif dari ekosistem esports Indonesia. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Ashadi Ang mengatakan bahwa gelaran ini sangat relevan dengan dinamika esports tanah air. Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 menunjukkan kepada publik tentang perkembangan esports nasional yang luar biasa yang telah menjangkau ke seluruh penjuru negeri.

baca juga: Turnamen Esports Terbesar di Asia Tenggara Kembali Hadir Tahun ini

"Kepengurusan ESI sendiri bahkan sekarang sudah ada di 498 kabupaten/kota. Tahun depan, kegiatan esports akan makin meningkat seiring dengan digelarnya turnamen-turnamen penting tingkat nasional hingga dunia. Kami juga akan menggerakkan berjalannya pembinaan esports dari sekolah-sekolah," kata Ashadi.

"Ekosistem esports juga menunjukkan perkembangan membanggakan, salah satunya adalah dengan mulai munculnya gim-gim yang dikembangkan oleh talenta-talenta lokal. Semuanya membutuhkan dukungan teknologi dan kesempatan untuk pengembangan kompetensi, seperti yang dihadirkan SMI  melalui BYGE 2021," lanjutnya.

Tanggapan senada terhadap positifnya gelaran BYGE 2021 juga disampaikan CEO Boom Esports Gary Ongko. "Esports adalah industri baru dengan potensi yang besar dan perkembangan yang pesat. Untuk terus berkembang dan berprestasi, komunitas esports membutuhkan dukungan teknologi mutakhir agar optimalisasi performa tercapai," ujarnya.  (N-1)

 

 

 

BERITA TERKAIT