19 November 2021, 13:15 WIB

WhatsApp Business API Wappin Atasi Tantangan Customer Service


Budi Ernanto | Teknologi

MENURUT data Microsoft pada 2019, 95% pelanggan memilih setia pada suatu brand jika brand tersebut memiliki tim customer service yang baik. Hal ini membuktikan bahwa performa customer service sangatlah vital dalam keberlangsungan bisnis.

Namun, ada banyak tantangan yang dihadapi customer service dalam memberikan layanannya. Tantangan-tantangan itu bisa diatasi dengan berbagai teknologi komunikasi yang mampu memenuhi kebutuhan customer service. Salah satunya ialah layanan WhatsApp Business API.

WhatsApp Business API adalah layanan WhatsApp yang dikhususkan untuk bisnis, memfasilitasi kebutuhan customer service bagi perusahaan berskala menengah hingga besar. Hal ini berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business biasa yang tersedia di playstore.

Singkatnya, WhatsApp Business API memberikan berbagai kemudahan customer service bagi bisnis. Contohnya seperti penggunaan pesan template yang bisa dikustomisasi berdasarkan kebutuhan hingga integrasi dengan chatbot yang mampu membantu customer service lebih responsif selama 24/7.

Layanan WhatsApp Business API sendiri hanya bisa didapatkan dari mitra resmi Facebook. Salah satu mitra resmi Facebook yang ada di Indonesia ialah Wappin.

Baca juga: Sejumlah Fitur di Whatsapp Bantu Menyaring Informasi

Wappin sendiri ialah bagian dari SPE Solution, perusahaan fintech yang menyediakan solusi pembayaran digital bagi berbagai bisnis di Indonesia serta telah bersertifikasi ISO 27001 dan PCI DSS.

Menurut Wappin, kebutuhan customer service tidak hanya terletak pada penyediaan layanan bantuan kepada customer suatu bisnis, namun juga ketersediaan bantuan bagi tim customer service itu sendiri. Inilah yang mendorong Wappin untuk menyediakan layanan bantuan 24/7 bagi pelanggannya, tanpa pungutan biaya.

Selain itu, langkah Wappin bermitra dengan Facebook guna menyediakan teknologi komunikasi bisnis melalui WhatsApp bertujuan untuk menghadirkan solusi yang dibutuhkan customer service saat ini.

Sebabnya, WhatsApp adalah teknologi komunikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dengan menghadirkan solusi komunikasi bisnis melalui WhatsApp, Wappin tidak hanya menawarkan kemudahan bagi pelanggannya, namun juga kemudahan bagi pelanggan dari pelanggannya.

“Kendala umum yang dialami berbagai bisnis adalah sulitnya menjaga relasi dengan pelanggan, apalagi di masa pandemi. Ada juga bisnis yang sudah memiliki tim customer service, namun terkadang tidak responsif ketika dihubungi pelanggan. Penyebabnya mungkin karena jumlah pelanggan yang sangat banyak atau solusi yang digunakan kurang tepat. Wappin berusaha menyediakan solusi untuk kebutuhan ini,” ungkap Rico L Simarmata, CEO SPE Solution, dalam keterangan resminya, Jumat (19/11).

Hingga saat ini, teknologi dan layanan Wappin sudah digunakan oleh beragam jenis industri, mulai dari pendidikan, kesehatan, perbankan, manufaktur, IT, pariwisata, hingga lembaga pemerintahan. (R-3)

BERITA TERKAIT